Gojek-Tokopedia Merger, Driver Gojek Bisa Dapat Pendapatan Lebih Besar

Kompas.com - 17/05/2021, 14:13 WIB
Ilustrasi driver Gojek sedang memegang handphone, menunggu order dari customer. SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAHIlustrasi driver Gojek sedang memegang handphone, menunggu order dari customer.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah merger Gojek dan Tokopedia dengan membentuk Grup Goto disebut akan berdampak positif terhadap mitra kedua platform tersebut.

CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan, penggabungan antara platform berstatus decacorn dan unicorn itu akan memberikan layanan pengiriman cepat dengan jangkauan luas untuk berbagai layanan digital.

Hal tersebut pun diyakini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para mitra, termasuk driver ojek online Gojek ataupun mitra usaha (merchant) Tokopedia.

"Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya," tutur Andre dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Resmi Merger, Gojek dan Tokopedia Bentuk Grup GoTo

Tercatat sampai dengan akhir tahun 2020, Grup GoTo memiliki lebih dari 2 juta mitra driver terdaftar dan lebih dari 11 juta merchant, dengan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 100 juta.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden GoTo Patrick Cao menyebutkan, model bisnis perusahaan akan semakin beragam, stabil, dan berkelanjutan ke depannya.

Bermodalkan transaksi platform Gojek yang memiliki volume dan frekuensi yang tinggi, dengan platform e-commerce Tokopedia yang memiliki frekuensi medium, namun dengan nilai transaksi tinggi, GoTo akan berkontribusi lebih besar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

"Grup GoTo akan berkontribusi lebih dari 2 persen kepada total PDB Indonesia dan akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis kami dan bertumbuhnya ekonomi," ucap Patrick.

Baca juga: Mengenal Grup GoTo, Perusahaan Gabungan Gojek dan Tokopedia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X