Kompas.com - 29/05/2021, 08:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020). Dok. Divisi Humas PolriMenteri BUMN Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencopot dua orang direktur di PT Permodalan Nasional Madani atau PNM (Persero).

Dua direktur tersebut, yakni M.Q.Gunadi dari posisi Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko dan Noer Fajriensyah sebagai Direktur Kelembagaan PNM.

Hal tersebut tertuang dalam SK – 179/MBU/05/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Permodalan Nasional Madani.

Baca juga: Arya Sinulingga hingga Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Bambang Brodjonegoro Jadi Komut

Sebagai ganti dari Gunadi, mantan bos Inter Milan itu menunjuk Anton Fahlevie yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis PNM. Sementara untuk posisi yang ditinggalkan Noer Fajriensyah, Erick menunjuk Sunar Basuki.

Sunar sebelumnya menjabat sebagai EVP Keuangan dan Operasional PT PNM. Dia ergabung dengan PNM sejak tahun 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sunar Basuki memulai karir di PNM sebagai Kepala Divisi Akuntansi dan Operasi, hingga pada 24 Oktober 2018 diangkat sebagai EVP Keuangan dan Operasional PT PNM (Persero).

Sebelum menjabat sebagai Executive Vice President Keuangan dan Operasional, pernah menduduki beberapa jabatan strategis antara lain sebagai Kepala Divisi Akuntansi dan Operasi (2012-2014); Kepala Divisi Perencanaan dan Riset (2014-2017), dan Kepala Divisi Keuangan dan Pendanaan (2017-2018).

Baca juga: Polisi yang Sempat Terseret Kasus Gayus Tambunan Diangkat Erick Thohir Jadi Komisaris Jasa Marga

Sementara itu, posisi Direktur Bisnis PNM saat ini diduduki oleh Kindaris. Sebelum diangkat sebagai Direktur Bisnis, ia menjabat sebagai Executive Vice President Bisnis ULaMM.

Mengawali karir di PNM sebagai Account Officer pada tahun 2000, Kindaris menduduki beberapa jabatan penting di PNM diantaranya Kepala Divisi Sumber Daya Manusia (2017- 2018), Kepala Divisi Manajemen Risiko, GCG, dan PPL (2018), Executive Vice President Bisnis ULaMM (2018), Executive Vice President Pengawasan dan Legal (2018-2019), dan ExecutiveVice President ULaMM dan Jasa Manajemen (2019), kemudian diangkat sebagai Executive Vice President Bisnis ULaMM sejak 14 Februari 2018.

Dengan adanya perubahan ini, maka susunan dewan direksi PT PNM yang baru adalah sebagai berikut:

  • Direktur Utama : Arief Mulyadi
  • Direktur Keuangan dan Operasional : Tjatur H. Priyono
  • Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko : Anton Fahlevie
  • Direktur Bisnis : Kindaris
  • Direktur Kelembagaan dan Perencanaan : Sunar Basuki.

Baca juga: Erick Thohir Mau Pendanaan dari PNM Makin Murah



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.