Kompas.com - 24/05/2021, 19:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di sela berkuliner nasi goreng babat Pak Sumarsono. Tangkapan layar instagram Erick ThohirMenteri BUMN Erick Thohir di sela berkuliner nasi goreng babat Pak Sumarsono.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merupakan salah satu tulang punggung yang memastikan ekonomi Indonesia harus terus seimbang.

Hal tersebut dikatakan mantan bos Inter Milan itu saat mengunjungi salah satu nasabah PNM di Kebumen, Jawa Tengah.

"Alhamdulillah yang kalau saya pantau PNM ini salah satu tulang punggung yang memastikan ekonomi Indonesia harus seimbang, tidak yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Karena itu sekarang Alhamdulillah PNM ini sudah (punya) 10 juta nasabah," ujar Erick seperti dikutip dari video yang diunggah di akun YouTube Kementerian BUMN, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Pro Kontra Kebijakan Erick Thohir Bentuk Holding Ultramikro untuk Bantu UMKM

Pendiri Mahaka Media ini ingin ke depannya pendanaan yang diberikan PNM makin bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Apa yang sekarang kita terus perbaiki untuk PNM, kita ingin memastikan bahwa pendanaan yang ada di PNM makin hari makin murah, supaya cicilannya makin ringan. Itu yang sedang kita usahakan," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Erick, hal tersebut perlu dilakukan agar pengusaha kecil di seluruh pelosok Tanah Air bisa terus berkembang.

"Tentu saya berharap dengan sistem yang ibu-ibu sudah punya di PNM, ini merupakan sistem yang memastikan bahwa pengusaha seperti ibu-ibu yang merupakan tulang punggung keluarga bisa terus berkelanjutan," ungkap Erick.

Baca juga: Erick Thohir: Kesejahteraan Petani Harus Ditunjang dengan Kegiatan Bisnis yang Profesional

Sebelumnya diberitakan, Erick Thohir akan membentuk Holding BUMN Ultramikro (UMi). Holding UMi sendiri akan berisi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Pegadaian.

“Ini insya Allah di kuartal III tahun ini tuntas, sinergi BRI, PNM, dan Pegadaian,” ujar Erick saat memberi sambutan dalam Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021, Jumat (5/3/2021).

Erick menjelaskan alasan dirinya mau menyinergikan tiga perusahaan tersebut. Salah satunya karena dia menilai saat ini sistem perbankan di Indonesia tak bersahabat bagi pelaku usaha kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.