[POPULER DI KOMPASIANA] "Jebakan" Belanja Online | Makan Sendirian di Restoran | Review Film "Recalled"

Kompas.com - 29/05/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi belanja online, online shopping, cash on delivery Freepik/SnowingIlustrasi belanja online, online shopping, cash on delivery

KOMPASIANA---Setiap kali ada marketplace yang memberikan banyak diskon, apapun momennya, pasti sudah banyak dinanti karena bisa mendapat barang incaran dengan harga yang murah.

Namun, percayalah, agar tetap hati-hati kala berbelanja. Apalagi jika sudah melihat harga yang dicoret, pasti ingin cepet-cepat "check out".

Lantas kehati-hatian seperti apa yang bisa kita lakukan? Sebagai contoh sebelum kita check out, cobalah melakukan sedikit riset ke toko lain untuk sekadar membanding harga.

Perbedaan harga yang ditawarkan membuat kita sebagai konsumen harus lebih waspada terhadap promo atau jebakan "harga murah."

Inilah 5 konten terpopuler dan menarik di Kompasiana dalam sepekan: lebih hati-hati belanja online hingga review film "Recalled".

1. Kenali "Jebakan" Saat Belanja Online di Marketplace

Kompasianer Widi Kurniawan sebenarnya senang berbelanja di marketplace karena aman dan nyaman untuk berbelanja online saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenai pembayaran, misalnya, sistem pembayaran nontunai maupun COD selalu melewati rekening milik marketplace, sehingga jika ada komplain atau sengketa yang merugikan konsumen, dana tersebut masih bisa dikembalikan lagi.

Namun, bukan tidak mungkin ada saja "jebakan" yang didapat konsumen ketika berbelanja seperti banyaknya barang KW dibilang orisinal.

"Sebelum membeli biasakan membaca dengan seksama spesifikasi barang dan deskripsi barang yang ditulis oleh toko. Jangan lupa juga membaca ulasan pembeli lainnya serta rating yang diberikan," tulis Kompasianer Widi Kurniawan, menyarankan. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.