[TREN EKONOMI KOMPASIANA] Mengatur Belanja Online Anak | Jurus Melobi Calon Konsumen | Antara Uang Pas atau Kembalian

Kompas.com - 03/06/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi orang menerima paket dari belanja online. Dok. ShutterstockIlustrasi orang menerima paket dari belanja online.

KOMPASIANA---Pandemi telah mengajarkan kita banyak hal, terutama bisa lebih bijak dan baik dalam mengatur keuangan.

Sedangkan momen-momen Lebaran atau hari besar lainnya bisa jadi waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengajarkan dan mempraktikkan langsung bagaimana cara mengelola keuangan yang benar.

Namun, sudahkah orang tua memberi kepercayaan sepenuhnya kepada anak mereka atas uang yang didapat dari "salam tempel", misalnya? Jika belum, kira-kira apa yang jadi pertimbangannya?

Apalagi kini teknologi sudah memudahkan siapapun dalam bertransaksi, bagaimana orang tua menyikapi ini?

1. Kiat Mengatur Belanja Online Anak

Masih kuliah dan hidup bersama kedua orang tua yang lumayan sibuk kerja, membuat Kompasianer Sekar Asyifa sebagai anak tertua jadi lebih sering menghadapi kedua adiknya yang masih anak-anak.

Seperti halnya pengguna internet lain, kedua adiknya ini bahkan memiliki aplikasi belanja online sendiri di ponselnya.

Jika tidak diawasi dengan ketat dan diajarkan secepatnya maka bisa berdampak buruk khususnya permasalahan keuangan mereka.

Hal pertama yang biasanya Kompasianer Sekar Asyifa jadikan kebiasaan sejak dulu adalah tidak menjadikan belanja online sebagai pilihan utama.

"Biasakan untuk membeli online barang-barang yang sekiranya sulit dicari saja atau barang yang memang gak ada di sekitar kita," tulisnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.