Kompas.com - 03/06/2021, 20:12 WIB
Ciri ATM Link atau ATM Himbara Muhammad Idris/Kompas.comCiri ATM Link atau ATM Himbara

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah barangkali sudah tak lagi asing di telinga masyarakat Tanah Air. Himbara adalah sebutan untuk empat bank BUMN.

Ada empat daftar bank Himbara di Indonesia yakni Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, serta Bank BTN. Keempatnya termasuk dalam deretan bank terbesar dari sisi aset.

Arti Himbara sendiri merujuk pada akronim Himpunan Bank Milik Negara. Dengan kata lain, Bank Himbara adalah bank yang saham mayoritasnya dikuasai oleh pemerintah Indonesia yang berjumlah empat bank.

Istilah Himbara adalah mulai dipopulerkan sejak era Menteri BUMN 2014-2019 Rini Soemarno. Himbara merupakan program sinergi antar-BUMN yang digagas oleh Kementerian BUMN.

Baca juga: Apa Itu Right Issue Saham? Kenali Untung Ruginya Bagi Investor

Salah satu sinergi adalah dibentuknya ATM Link. ATM Link adalah layanan ATM dari Bank Himbara yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi antar nasabah bank BUMN tanpa dikenai biaya.

Beberapa transaksi tanpa biaya tersebut antara lain cash withdrawal atau penarikan tunai, gingga balance inquiry atau cek saldo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara beberapa transaksi lainnya masih dikenai biaya apabila menggunakan ATM Link dari bank BUMN yang berbeda seperti transfer antar bank.

Beberapa transaksi lain di ATM Link juga dikenai biaya, namun sifatnya ebagai biaya administrasi seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa, isi ulang atau top up uang electronik maupun transaksi perbankan lainnya

Baca juga: Mengenal Apa Itu Reksadana



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.