Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Tapering Bayangi Pelemahan Rupiah Pagi Ini

Kompas.com - 18/06/2021, 09:18 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang di transaksikan di pasar spot pagi ini Jumat (18/6/2021) dibuka melemah.

Melansir Bloomberg, pukul 09.01 WIB rupiah dibuka pada level Rp 14.375 per dollar AS, atau melemah 20 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.355 per dollar AS.

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, sentimen perdagangan hari ini berkaitan dengan keputusan The Fed yang berencana menaikkan suku bunga acuan (Fed Funds Rate) yang lebih cepat dari perkiraan.

Baca juga: Rupiah dan Inflasi Stabil, BI Tahan Suku Bunga di Level 3,50 Persen

Selain itu adanya resiko tapering atau pengurangan surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat (US treasury) oleh The Fed.

“Kebijakan bernada hawkish ini memberikan tekanan ke pasar uang global termasuk rupiah. Rupiah juga diharapkan tidak tertekan terlalu dalam karena didukung data-data ekonomi yang masih baik,” kata Renny kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Positifnya data ekonomi tersebut, terbukti dari surplus neraca perdagangan dan kebijakan akomodatif BI masih berlanjut yang kemarin masih mempertahankan BI 7D RRR di level 3,5 persen.

“Walau demikian, sentiment dari market dalam negeri masih mengkhawatirkan, yakni resiko lanjutan dari kembali meningkatnya kasus Covid-19 di dalam negeri,” jelas dia.

Baca juga: BI Beri Sinyal Bakal Lakukan Tapering, Kapan Tepatnya?

Renny memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.318 per dollar AS hingga Rp 14.383 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com