Risiko Tapering Bayangi Pelemahan Rupiah Pagi Ini

Kompas.com - 18/06/2021, 09:18 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang di transaksikan di pasar spot pagi ini Jumat (18/6/2021) dibuka melemah.

Melansir Bloomberg, pukul 09.01 WIB rupiah dibuka pada level Rp 14.375 per dollar AS, atau melemah 20 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.355 per dollar AS.

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, sentimen perdagangan hari ini berkaitan dengan keputusan The Fed yang berencana menaikkan suku bunga acuan (Fed Funds Rate) yang lebih cepat dari perkiraan.

Baca juga: Rupiah dan Inflasi Stabil, BI Tahan Suku Bunga di Level 3,50 Persen

Selain itu adanya resiko tapering atau pengurangan surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat (US treasury) oleh The Fed.

“Kebijakan bernada hawkish ini memberikan tekanan ke pasar uang global termasuk rupiah. Rupiah juga diharapkan tidak tertekan terlalu dalam karena didukung data-data ekonomi yang masih baik,” kata Renny kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Positifnya data ekonomi tersebut, terbukti dari surplus neraca perdagangan dan kebijakan akomodatif BI masih berlanjut yang kemarin masih mempertahankan BI 7D RRR di level 3,5 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Walau demikian, sentiment dari market dalam negeri masih mengkhawatirkan, yakni resiko lanjutan dari kembali meningkatnya kasus Covid-19 di dalam negeri,” jelas dia.

Baca juga: BI Beri Sinyal Bakal Lakukan Tapering, Kapan Tepatnya?

Renny memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.318 per dollar AS hingga Rp 14.383 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X