Kompas.com - 19/06/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi vaksin SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 65.000 karyawan bank di Indonesia akan mengikuti vaksinasi Covid-19 dari program gotong royong yang difasilitasi oleh Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas).

Perbanas menyiapkan 130.000 dosis vaksin Sinopharm yang akan disuntikan kepada 65.000 karyawan dari 48 bank pemerintah, swasta nasional, asing, dan daerah yang menjadi sasaran vaksin dalam program ini.

Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, dalam program vaksinasi mandiri ini, pihaknya menggandeng Bio Farma dan Kimia Farma untuk menyediakan vaksin Sinopharm yang sudah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM sebagai salah satu vaksin yang aman.

Baca juga: Perusahaan Dilarang Potong Gaji Karyawan untuk Vaksin Gotong Royong

"Kami berharap program vaksinasi ini dapat berjalan optimal dan berdampak besar, terutama untuk para pelaku industri perbankan agar dapat memberikan kenyamanan lebih kepada nasabah," kata pria yang akrab disapai Tiko itu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

Secara rinci sebanyak 50.000 karyawan akan menerima vaksinasi gotong royong di sentra vaksinasi Perbanas Lapangan Tenis Indoor Senayan Jakarta yang dilaksanakan pada 19-30 Juni 2021 untuk vaksinasi pertama dan 11-19 Juli 2021 untuk vaksinasi kedua.

Sedangkan sebanyak 15.000 karyawan akan mendapatkan vaksin gotong royong di sentra vaksinasi Perbanas wilayah yang tersebar di Bandung, Semarang, Surabaya dan kota-kota besar lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tiko menambahkan, vaksinasi di industri jasa keuangan akan diproritaskan untuk para pekerja bank yang paling sering berinteraksi langsung dengan nasabah. Perbanas pun telah berkoordinasi dengan bank-bank di Indonesia untuk mendapatkan data detil karyawan yang akan divaksin, baik di Jakarta maupun daerah.

"Data ini akan terus kami perbarui agar pelaksanaan vaksinasi di Jakarta dan daerah bisa berjalan lancar. Harapannya, semua karyawan bank di seluruh Indonesia sudah selesai divaksinasi pada akhir Juli nanti," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan, vaksinasi gotong royong di sektor keuangan ini merupakan bentuk dukungan Perbanas dalam percepatan program vaksinasi Covid-19, untuk mencapai target terciptanya herd immunity di Agustus 2021.

Baca juga: Freeport Akan Beri Vaksinasi Covid-19 untuk 38.000 Karyawan

Ia pun mengharapkan agar Perbanas dan Himpunana Bank Negara (Himbara), yang juga telah melakukan vaksinasi gotong royong dapat mempercepat dan memperluas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di seluruh daerah.

"Asosiasi perbankan lainnya saya harapkan melakukan hal yang sama, mengingat kerberhasilan program vaksinasi ini merupakan game changer dalam pemulihan ekonomi nasional," ujar Heru.

Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah Perbanas dan pelaku industri sektor keuangan berupaya mempercepat vaksinasi gotong royong yang sebelumnya telah diinisiasi oleh Kadin.

"Antusiasme ini sangat positif dan kami harap hal ini dapat segera dilakukan secara menyeluruh di daerah," kata Rosan.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong, Upaya Sektor Swasta Pulihkan Ekonomi Negeri

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.