Kompas.com - 24/06/2021, 16:49 WIB
Ilustrasi belanja online Natee PhotoIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com – Pergeseran perilaku konsumen di masa Covid-19 yang lebih memilih untuk membeli kebutuhan melalui online daripada offline, tentunya menjadi peluang bagi para pedagang, terutama pedagang di e-commerce.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini semakin banyak pelaku usaha yang membuka toko di platform Tokopedia.

“Tokopedia saat ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 11 juta penjual, yang hampir 100 persennya adalah UMKM,” ungkap Ekhel dalam siaran pers, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Tips Berbisnis Bagi Pemula Ala Bos Grab Indonesia

Berangkat dari peluang tersebut, banyak pelaku usaha yang ingin mulai membuka toko online, salah satu yang paling mudah dan aman adalah menggandeng e-commerce. 

 

Berikut ini tips sukses untuk mulai berjualan online bagi pemula:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mengikuti kelas bisnis online gratis

Menurut Ekhel, sebagai penjual pemula, ada baiknya jika penjual mengikuti pendampingan bisnis dalam bentuk kelas online/webinar gratis.

Tokopedia, menghadirkan kelas online yang bisa diikuti gratis, untuk para seller, yakni ‘Sekolah Kilat Seller. ‘

“Di sini, para mentor dari Tokopedia dan sesama pegiat usaha bisa saling berbagi kiat sukses jualan online,” jelas Ekhel.

Ekhel mengatakan, adapun tema yang dihadirkan beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

Baca juga: Mengilap di Awal Pandemi, Kini Bisnis Ikan Cupang Mulai Redup

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.