Kompas.com - 25/06/2021, 14:35 WIB
Ilustrasi ekspor dan impor. SHUTTERSTOCKIlustrasi ekspor dan impor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Eksportir harus memiliki dokumen Surat Keterangan Asal alias SKA agar produk yang dikirimkan bisa diterima dengan baik di negara tujuan.

Kepala Subdirektorat Ketentuan Asal Barang, Direktorat Fasilitasi Ekspor Impor, Hesty Syntia Paramita Kusmanto mengatakan, SKA merupakan dokumen yang membuktikan bahwa barang ekspor Indonesia telah memenuhi ketentuan asal barang Indonesia.

"SKA ini menjadi salah satu dokumen yang membuktikan bahwa barang ekspor Indonesia telah memenuhi ketentuan asal barang atau rules of origin of Indonesia,"ujarnya saat dialog ekspor Kopi yang disiarkan secara virtual oleh Kemendag, dikutip Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Ini Cara Menemukan Pembeli yang Tepat untuk Eksportir

Dia menjelaskan dengan adanya SKA ini, eksportir bisa mendapatkan berbagai kemudahan karena sudah menyepakati suatu perjanjian untuk memberikan kemudahan bagi barang dari Indonesia.

Kemudahan yang dimaksud di antaranya berupa keringanan bea masuk atau preferensi berupa pembebasan sebagian atau seluruh bea masuk impor yang dikenakan oleh negara tertentu.

"Selain itu, dengan adanya dokumen SKA ini bisa menghindari tindakan perdagangan seperti bea masuk anti dumping atau bea masuk imbalan," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga membeberkan ada 2 jenis SKA yaitu SKA Preferensi dan SKA Non-Preferensi.

SKA Preferensi, dijelaskan dia, merupakan jenis dokumen SKA dengan fasilitas preferensi yang diberikan oleh negara atau kelompok negara tertentu bagi produk-produk yang memenuhi syarat berasal dari suatu negara.

"Contohnya adalah Form A, Form D, Form IJEPA, dan masih banyak lainnya,"sebut Syntia.

Sementara jenis yang kedua adalah SKA Non Preferensi yang merupakan jenis dokumen SKA yang berfungsi sebagai dokumen pengawasan.

Baca juga: Menteri Trenggono Minta Eksportir Perikanan Jangan Nakal soal Pajak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.