Kompas.com - 25/06/2021, 16:50 WIB
ilustrasi Thinkstockilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan telah menerapkan peraturan kepada para eksportir agar menggunakan Surat Keterangan Asal (SKA) untuk mengontrol laju ekspor di Indonesia.

Kepala Subdirektorat Ketentuan Asal Barang, Direktorat Fasilitasi Ekspor Impor, Hesty Syntia Paramita Kusmanto mengatakan, dengan adanya SKA ini, eksportir bisa mendapatkan berbagai kemudahan yang diberikan oleh negara karena sudah melakukan perjanjian dengan negara lain.

Kemudahan yang dimaksud di antaranya berupa keringanan bea masuk atau preferensi berupa pembebasan sebagian atau seluruh bea masuk impor yang dikenakan oleh negara tertentu.

Baca juga: Mau Jadi Eksportir? Pahami Apa Itu SKA

"Dengan adanya dokumen SKA ini bisa menghindari tindakan perdagangan seperti bea masuk anti dumping atau bea masuk imbalan," ujarnya saat dialog ekspor Kopi yang disiarkan secara virtual oleh Kemendag, dikutip Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Dia menjelaskan untuk bisa menikmati fasilitas ini, para eksportir dapat mendaftar dengan mengisi formulir yang terdapat dalam sistem e-SKA Kemendag di e-ska.kemendag.go.id, kemudian masuk ke menu pendaftaran.

Sementara untuk syarat yang harus dilampirkan, disebutkan dia, adalah Surat Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang diterbitkan oleh kantor bea cukai, melampirkan bill of leading (BL)/air way bill (AWB) yang diterbitkan oleh perusahaan ekspedisi, hingga invoice.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Cara Menemukan Pembeli yang Tepat untuk Eksportir

"Dengan pengajuan yang bersifat elektronik ini, para eksportir bisa mendaftar dimanapun, kapanpun, dan akan diproses secara elektronik yang hanya memasukan dokumen pendukung seperti Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Invoice, hingga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.