IHSG Diprediksi Bergerak Sideways pada Perdagangan Awal Pekan Ini

Kompas.com - 28/06/2021, 06:49 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 10,34 poin atau 0,17 persen ke level 6.022,39 pada perdagangan Jumat (25/6/2021).

Untuk perdagangan Senin (28/6/2021), Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan IHSG masih akan bergerak sideways dalam rentang support 6.000 dan resistance 6.130.

Menurutnya, IHSG masih sulit keluar dari area konsolidasi tersebut, di tengah fokus pelaku pasar pada dua hal utama yang diwaspadai.

Baca juga: Jangan Langsung Baper, Begini Tips Investasi Saham saat Harganya Rontok

"Pertama adalah antisipasi pengurangan pembelian obligasi oleh The Fed yang diperkirakan dimulai tahun ini. Pelaku pasar masih menantikan clue terkait waktu pelaksanaan pengurangan tersebut," katanya dalam riset, Jumat (25/6/2021).

Pasalnya, data ekonomi terbaru di AS cenderung mixed, di mana initial jobless claims untuk pekan yang berakhir di 19 Juni 2021 lebih tinggi dari perkiraan, market Manufacturing PMI flash naik ke 62.6 di Juni 2021.

Data Personal Consumption Expenditure (PCE) yang dirilis Jumat (25/6/2021) malam dapat menjadi clue tambahan terkait arah kebijakan The Fed tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sentimen kedua adalah peningkatan kasus baru Covid-19 di Indonesia, terutama dalam sepekan terakhir. Hal tersebut dikhawatirkan menekan aktivitas ekonomi, seiring kecenderungan masyarakat untuk stay at home.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Pangkas Investasi Saham, Ini Komentar Para Analis

Oleh sebab itu, pelaku pasar dapat mencermati peluang speculative buy pada saham-saham yang relatif defensif, seperti TLKM, AMRT, INDF dan ICBP. Saham-saham healthcare, seperti SAME, MIKA, dan HEAL, juga dapat diperhatikan.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: IHSG berpotensi sideways di perdagangan Senin (28/6), saham-saham ini bisa ditimbang


Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.