3 Bank BUMN Setujui Restrukturisasi Utang Garuda Indonesia

Kompas.com - 28/06/2021, 15:38 WIB
Seri pesawat boeing 737 NG (737-800) Garuda Indonesia. WikimediaSeri pesawat boeing 737 NG (737-800) Garuda Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya meringankan beban keuangan perseroan yang saat ini tertekan karena utang yang menumpuk.

Salah satunya dengan merestrukturisasi pinjaman dari bank-bank pelat merah.

Maskapai milik negara tersebut, setidaknya telah mendapatkan perpanjangan atau restrukturisasi pinjaman dari tiga bank BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Baca juga: Sederet Fakta Garuda Indonesia Dilarang Terbang ke Hong Kong

"Antara lain BRI dan BNI yang setuju untuk mengkonversi sebagian pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang dengan jatuh tempo pada 2026," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia, Prasetio dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Senin (28/6/2021).

Sementara Bank Mandiri memberikan persetujuan restrukturisasi pinjaman melalui perpanjangan pinjaman sampai dengan Desember 2021 dan menangguhkan kewajiban clean-up pinjaman.

Menurut Prasetio, tak hanya bank BUMN, ada juga bank swasta yang menyetujui restrukturisasi pinjaman. Sayangnya, ia tak menyebutkan lebih lanjut identitas bank-bank swasta tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Adapun bank-bank non-himbara, setuju untuk memberikan perpanjangan pinjaman," imbuh dia.

Prasetio mengatakan, upaya menjalin komunikasi konstruktif dengan berbagai kreditur baik perbankan, lessor, maupun kreditur lainnya terus dijalankan perseroan guna menghasilkan keputusan terbaik bagi seluruh pihak.

Baca juga: Sederet Fakta Garuda Indonesia Dilarang Terbang ke Hong Kong

Ia bilang, pemerintah sebagai pemegang saham pengendali, melalui Kementerian BUMN pun telah membentuk Tim Percepatan Restrukturisasi Perseroan guna mendorong proses restrukturisasi utang Garuda Indonesia.

Dia menjelaskan, skema restrukturisasi yang akan ditawarkan perseroan kepada masing-masing kreditur, saat ini sedang dalam proses diskusi antara perseroan dengan konsultan-konsultan pendukung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.