Kompas.com - 03/07/2021, 14:15 WIB
Tips menabung Kakebo atau tips menabung untuk pelajar dan sebagainya. ShutterstockTips menabung Kakebo atau tips menabung untuk pelajar dan sebagainya.

KOMPAS.com - Hampir setiap orang pasti memiliki rencana yang ingin diwujudkan dalam waktu dekat, termasuk target di tahun ini atau tahun depan. Rencana tersebut membutuhkan anggaran.

Sayang, kamu sama sekali belum menabung. Buat kamu yang ingin merealisasikannya, mumpung masih pertengahan tahun, yuk mulai mengumpulkan uang.

Berikut ide menabung jangka pendek yang bisa kamu terapkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Ide menabung jangka pendek yang pertama adalah membeli hewan kurban. Berkurban kambing atau sapi di Hari Raya Idul Adha.

Untuk 2021, Idul Adha jatuh pada 20 Juli. Sedangkan tahun depan, 10 Juli. Jika ingin mewujudkan keinginan berkurban pada tahun ini, tersisa waktu sekitar dua mingguan.

Kamu bisa menyisihkan uang langsung dari gaji bulan Juni sebesar Rp 3 juta-Rp 4 juta atau menabung setiap hari sekitar Rp 200.000 untuk kurban satu ekor kambing.

Sementara kurban sapi seharga Rp 25 juta bisa dibagi tujuh orang. Jadi, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 3,5 jutaan atau menabung Rp 250.000 per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dirasa terlalu berat dan mepet, niat berkurban bisa direalisasikan tahun depan. Kamu malah bisa kurban seekor sapi seorang diri dengan menabung sekitar Rp 69.000 per hari atau Rp 2 jutaan per bulan.

Sedangkan menabung untuk kurban kambing seharga Rp 4 juta, uang yang perlu kamu sisihkan sekitar Rp 300 ribuan per bulan atau Rp 11 ribuan setiap harinya.

Liburan akhir tahun

Meski Covid-19 sedang mengganas, tapi kamu pasti berharap pandemi segera hilang dari muka bumi. Sehingga kamu bisa liburan akhir tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X