Indofarma Impor 230.000 Dosis Remdesivir dari India, Tiba Juli Ini

Kompas.com - 07/07/2021, 19:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofarma (Persero) Tbk mengimpor 230.00 vial atau dosis obat remdesivir dari India. Obat antivirus itu akan tiba di Indonesia dalam dua tahap pada Juli 2021 ini.

Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto mengatakan, sebanyak 140.000 vial remdesivir akan tiba di Indonesia pada 11 Juli 2021. Kemudian sebanyak 90.000 vial akan tiba pada 15 Juli 2021 mendatang.

"Sehingga secara keseluruhan pada bulan ini akan mendapat sekitar 230.000 vial," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Indofarma Genjot Produksi Ivermectin hingga 16 Juta Butir

Ia menjelaskan, remdesivir merupakan jenis obat yang penggunaannya menggunakan infus, sehingga tidak diedarkan di pasaran melainkan hanya tersedia di rumah sakit.

"Satu vile itu sama dengan satu injeksi, ini dicampur dengan infus, jadi memang ini tidak bisa diperoleh di apotek. Ini hanya tersedia di rumah sakit," jelas Arief.

Seperti diketahui, remdesivir baru-baru ini mendapat izin penggunaan dalam keadaan darurat atau emergency use authorization (EUA) obat-obatan untuk pasien Covid-19 di Indonesia dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Remdesivir juga merupakan salah satu obat yang sudah masuk ke dalam standart of care Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengingat obat remdesivir mendapat persetujuan EUA atau penggunaan obat Covid-19 darurat, maka penggunaannya tidak bisa sembarangan diberikan ke semua pasien Covid-19.

Obat remdesivir hanya ditujukan untuk pengobatan pasien penyakit Covid-19 yang telah terkonfirmasi oleh laboratorium. Utamanya untuk orang dewasa atau remaja (berusia 12 tahun ke atas dengan berat badan minimal 40 kilogram) yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi parah.

Baca juga: Pasien Covid-19 Gejala Ringan di Jakarta Bisa Dapat Konsultasi dan Obat Gratis, Ini Caranya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.