Kinerja IndiHome Kinclong, Telkom Raup Laba Bersih Rp 6 Triliun

Kompas.com - 07/07/2021, 21:10 WIB
Logo PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Dok. Humas TelkomLogo PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk pada kuartal I 2021 meraup laba bersih Rp 6,01 triliun, naik 2,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Adapun pendapatan konsolidasi perusahaan pelat merah ini  mencapai Rp 33,95 triliun dengan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi (Ebitda) Rp 18,81 triliun.

Margin Ebitda emiten berkode TLKM ini meningkat menjadi 55,4 persen dari 54,9 persen pada tahun lalu, dan margin laba bersih meningkat menjadi 17,7 persen dari sebelumnya 17,1 persen.

Baca juga: Biaya Pasang dan Daftar Harga Paket IndiHome 2021

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, pencapaian yang baik ini tidak lepas dari kinerja layanan fixed broadband IndiHome yang kian menguat dari waktu ke waktu.

"Pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini menyebabkan kebutuhan masyarakat akan teknologi dan layanan digital juga akan terus meningkat. Telkom menangkap peluang ini melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital terbaik yang diharapkan dapat mendukung beragam aktivitas masyarakat. Hal ini tentunya juga sejalan dengan transformasi yang tengah dijalankan," ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (7/7/2021).

Lebih lanjut kata dia, secara tahunan, pendapatan IndiHome tumbuh hingga 25,0 persen mencapai Rp 6,35 triliun yang didorong oleh pertumbuhan pelanggan dan Average Revenue Per User (ARPU) yang kian membaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai hasilnya, kontribusi pendapatan IndiHome meningkat cukup signifikan dari 14,8 persen tahun lalu menjadi 18,7 persen dari total pendapatan perseroan konsolidasi.

Margin Ebitda IndiHome juga mengalami peningkatan cukup signifikan menjadi 45,2 persen dari 38,9 persen pada tahun 2020. Hal ini didukung oleh penambahan 133.000 pelanggan yang menjadikan total pelanggan IndiHome hingga akhir Maret 2021 mencapai 8,15 juta atau tumbuh 12,3 persen.

Sementara itu pada segmen mobile, Telkomsel menunjukkan kinerja digital business yang semakin baik dengan pendapatan sebesar Rp 16,32 triliun yang didorong oleh pendapatan data dan digital services, dengan total kontribusi sebesar 76,9 persen dari total pendapatan Telkomsel atau meningkat dari kontribusi sebesar 70,6 persen di tahun lalu.

Hal ini tidak lepas dari besarnya basis pelanggan sebesar 164,69 juta pelanggan, dengan pengguna mobile data tercatat sebanyak 114,83 juta pelanggan atau tumbuh 9,3 persen. Lalu lintas data juga terus meningkat 59,7 persen menjadi 3.113 petabyte.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.