Pesan Penutup Luhut ketika Evaluasi PPKM Darurat: Jangan Kita Politisasi Ini

Kompas.com - 18/07/2021, 12:19 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengikuti rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021). Rapat tersebut membahas Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dalam RAPBN Tahun Anggaran 2022 dan rencana kerja Kementerian/Lembaga (K/L) tahun 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Aprillio AkbarMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengikuti rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021). Rapat tersebut membahas Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dalam RAPBN Tahun Anggaran 2022 dan rencana kerja Kementerian/Lembaga (K/L) tahun 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan agar persoalan penanganan pandemi Covid-19 tidak dipolitisasi.

Luhut menyampaikan pesan tersebut ketika hendak menutup konferensi pers terkait evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat pada Sabtu (17/7/2021) malam.

“Jadi kata kunci, semua saya imbau kepada masyarakat, kepada semua kita. Jangan kita politisasi ini. Mari kita bekerja bersama, kekompakan itu saya kira (dibutuhkan sejak) di hulu,” kata Luhut semalam.

Baca juga: Luhut Ungkap Sederet Akal-akalan Pabrik Siasati Celah PPKM Darurat

Ia mengaku mendapat nasihat terkait pentingnya kekompakan dari Dewan Guru Besar sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Uniersitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Airlangga (Unair).

“Saya minta mereka memberikan asistensi dan memberikan juga pandangan-pandangan. Dan itu pandangan yang mereka berikan pada kami, dan itu kami serap,” bebernya.

“Oleh karena itu sekali lagi dari lubuk hati yang paling dalam, saya minta kepada semua masyarakat ayo kita kerja sama bahu-membahu, tidak ada yang paling pintar di sini, tidak ada paling hebat di sini, kita semua sama,” tegasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Luhut: Kebijakan PPKM Darurat Bukan Pilihan yang Mudah bagi Pemerintah

Luhut menegaskan bahwa Pemerintah bekerja keras untuk menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19, terutama dalam menghadapi penyebaran Varian Delta yang begitu ganas.

“Kami kerja keras untuk ini, dan menghadapi banyak masalah, banyak tantangan. Tapi saya ingin menyampaikan bahwa satu per satu masalah itu saya kira bisa makin bisa kita selesaikan,” ujarnya.

Meski begitu, upaya Pemerintah tersebut menurut Luhut tidak akan cukup untuk menyelesaikan persoalan tanpa adanya kekompakan.

“Itu tidak cukup, karena yang paling penting lagi di hulu adalah semua kerja sama kita. Seluruh masyarakat dan siapa pun tidak ada batas jabatan, pangkat tinggi-rendah, profesor, jenderal sampai tukang batu, sopir, semua sama dengan menghadapi varian delta ini,” bebernya.

Baca juga: Luhut: Saya Minta Maaf jika Penanganan PPKM Darurat Belum Optimal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.