Kompas.com - 25/07/2021, 08:32 WIB
ilustrasi kondisi keuangan sedang kacau. Finansial adalah pengelolaan keuangan. Arti finansial berasal dari finance, di mana finansial artinya pengelolaan keuangan. Shutterstockilustrasi kondisi keuangan sedang kacau. Finansial adalah pengelolaan keuangan. Arti finansial berasal dari finance, di mana finansial artinya pengelolaan keuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Finansial adalah istilah yang cukup umum di masyarakat. Arti finansial seringkali disamakan dengan keuangan.

Berasal dari kata serapan Bahasa Inggris, financial, finansial artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Arti finansial juga kadangkala dikaitkan dengan administrasi.

Finansial adalah mencakup banyak hal, tak hanya soal mengelola keuangan, namun juga bagaimaca cara memaksimalkan sumber daya, alokasi pengeluaran, perhitungan atas risiko, hingga melihat prospek di masa mendatang.

Dikutip dari laman Corporate Finanace Institute, finansial adalah bentuk pengelolaan uang yang mencakup beberapa aktivitas seperti investasi, pinjaman, penganggaran, tabungan, dan peramalan.

Baca juga: Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Ada tiga jenis finansial yakni finansial individu, finansial pemerintah, dan finansial perusahaan.

Kondisi finansial artinya dikatakan cukup baik apabila seseorang telah bisa mengatur dengan baik pengelolaan keuangannya dan menjamin keberlangsungan di masa mendatang.

Itu sebabnya, dalam kondisi seperti demikian, seorang bisa dikatakan mencapai kebebasan finansial. Kondisi ditandai dengan keuangan yang stabil, terutama menyangkut pemasukan dan pengeluaran uang.

Perencanaan finansial adalah hal yang sangat penting dilakukan. Beberapa fungsi finansial adalah sebagai perencanaan, fungsi kontrol, dan fungsi pelaporan.

Baca juga: Apa Itu Liabilitas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Akuntansi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.