Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Kompas.com - 24/07/2021, 18:38 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Profit adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Profit biasanya disebutkan dalam pembukuan maupun laporan keuangan. Lalu apa itu profit?

Dikutip dari Investopedia, profit adalah keuntungan yang direalisasikan setelah pendapatan dikurangi dengan semua pengeluaran atau biaya, termasuk di dalamnya beban pajak.

Keuntungan yang didapatkan pemilik usaha itulah yang kemudian disebut profit. Dalam istilah lainnya, profit juga lazim disebut sebagai laba.

Profit adalah tolak ukur utama apakah perusahaan atau bisnis menguntungkan atau tidak, karena memang tujuan bisnis adalah mencari keuntungan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Dalam beberapa laporan keuangan perusahaan, terutama perusahaan besar, profit atau laba terkadang harus dibagi dalam beberapa kategori untuk memudahkan pelaporan. Pembagian laba yakni laba kotor, laba operasi, dan laba bersih.

Laba kotor adalah istilah untuk pendapatan setelah dikurangi dengan harga pokok penjualan atau harga pokok produksi (HPP).

HPP adalah jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa.

Sementara laba bersih adalah laba kotor yang dikurangi dengan biaya pajak atau beban lain yang dikeluarkan di luar HPP.

Bagi beberapa orang yang masih awam, profit adalah seringkali disamakan dengan omzet. Padahal, omzet merupakan padanan untuk total penjualan. 

Baca juga: Apa Itu Diversifikasi: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com