Kompas.com - 24/07/2021, 18:38 WIB
Ilustrasi penjualan alat-alat elektronik. Apa itu profit? Profit adalah padanan dari laba atau keuntungan. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi penjualan alat-alat elektronik. Apa itu profit? Profit adalah padanan dari laba atau keuntungan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Profit adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Profit biasanya disebutkan dalam pembukuan maupun laporan keuangan. Lalu apa itu profit?

Dikutip dari Investopedia, profit adalah keuntungan yang direalisasikan setelah pendapatan dikurangi dengan semua pengeluaran atau biaya, termasuk di dalamnya beban pajak.

Keuntungan yang didapatkan pemilik usaha itulah yang kemudian disebut profit. Dalam istilah lainnya, profit juga lazim disebut sebagai laba.

Profit adalah tolak ukur utama apakah perusahaan atau bisnis menguntungkan atau tidak, karena memang tujuan bisnis adalah mencari keuntungan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Dalam beberapa laporan keuangan perusahaan, terutama perusahaan besar, profit atau laba terkadang harus dibagi dalam beberapa kategori untuk memudahkan pelaporan. Pembagian laba yakni laba kotor, laba operasi, dan laba bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laba kotor adalah istilah untuk pendapatan setelah dikurangi dengan harga pokok penjualan atau harga pokok produksi (HPP).

HPP adalah jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa.

Sementara laba bersih adalah laba kotor yang dikurangi dengan biaya pajak atau beban lain yang dikeluarkan di luar HPP.

Bagi beberapa orang yang masih awam, profit adalah seringkali disamakan dengan omzet. Padahal, omzet merupakan padanan untuk total penjualan. 

Baca juga: Apa Itu Diversifikasi: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.