Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Liabilitas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Akuntansi

Kompas.com - 24/07/2021, 19:02 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Liabilitas adalah istilah lain untuk kewajiban. Arti liabilitas juga biasa dikaitkan dengan utang. Lalu apa itu liabilitas (pengertian liabilitas)?

Dikutip dari Investopedia, liabilitas adalah suatu kewajiban yang dimiliki seseorang atau perusahaan yang harus dibayar berdasarkan periode tertentu, biasanya didasarkan atas nilai uang.

Namun selain uang, liabilitas bisa berupa kewajiban dalam bentuk jasa, barang, atau manfaat ekonomi lainnya. Dalam pencatatan neraca, liabilitas akan dicatat di sebelah kanan atau berlawanan dengan aset.

Dalam persamaan akuntansi kemudian disingkat ALE yang terdiri dari aset, liabilitas, dan ekuitas. Rumusnya, aset = utang + modal.

Baca juga: Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Beberapa contoh liabilitas adalah utang, pinjaman, hipotek, pendapatan yang ditangguhkan, obligasi, jaminan, dan beban lain yang masih harus dibayar.

Sederhananya, arti liabilitas adalah kewajiban dari satu pihak dengan pihak lain yang belum diselesaikan atau belum dibayarkan.

Dalam pencatatan akuntansi, pengertian liabilitas sendiri bermakna cukup luas, tak hanya soal utang atau pinjaman. Namun juga bisa berasal dari transaksi, peristiwa bisnis, pertukaran aset, atau apa pun bentuknya yang bisa memberikan manfaat ekonomi di kemudian hari.

Contoh liabilitas adalah pembayaran pajak dan beban gaji. Dalam pembukuan akuntansi, beban gaji karyawan akan dimasukan sebagai liabilitas, karena gaji karyawan merupakan kewajiban perusahaan yang akan dibayarkan pada waktunya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Demikian pula dengan pembayaran pajak, yang meskipun pembayaran tidak dilakukan saat itu juga, namun akan kewajiban perusahaan di kemudian hari. Sehingga perusahaan mencatat terlebih dahulu beban pajak sebagai liabilitas.

Secara umum, pengertian liabilitas dibagi menjadi dua, yakni liabilitas jangka pendek atau kewajiban yang harus dibayarkan dalam waktu maksimal 12 bulan.

Selanjutnya liabilitas jangan panjang yakni arti liabilitas yang kewajibannya harus dibayarkan dalam periode lebih dari 12 bulan.

Baca juga: Apa itu Endorse dalam Strategi Pemasaran?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com