Ini Penjelasan BTPN soal Raibnya Dana Nasabah Rp 241,8 Juta di Rekening Jenius

Kompas.com - 26/07/2021, 17:07 WIB
Screenshot tampilan aplikasi Bank Digital, Jenius Google Play StoreScreenshot tampilan aplikasi Bank Digital, Jenius
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang nasabah Jenius Bank BTPN mengaku kehilangan uang total sebesar Rp 241,85 juta dari rekeningnya. Dana tersebut terdiri dari dana tabungan aktif sebesar Rp 21,85 juta dan dana deposito Rp 220 juta.

Bank BTPN membenarkan adanya laporan kehilangan dana dari nasabah atas nama Wirawan A Candra, dan telah menghubungi nasabah yang bersangkutan. Merespons hal tersebut, Bank BTPN mengaku telah memblokir akun Jenius penerima dana setelah Wirawan melaporkan kejadian itu.

"Nasabah diperdaya oleh pelaku penipuan untuk memberikan informasi bersifat rahasia dan pribadi melalui link tidak resmi sehingga akun Jenius mereka disalahgunakan oleh pelaku penipuan," tutur Communications and Daya Head Bank BTPN, Andrie Darusman, kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Setelah Beberapa Pekan, Harga Bitcoin Kembali Lampaui Rp 500 Juta

Andrie mengatakan manajemen Bank BTPN siap membantu nasabah yang kehilangan uangnya tersebut.

Lebih lanjut Andrie menegaskan, pihaknya selalu memprioritaskan keamanan nasabah dengan cara menerapkan keamanan berlapis dan teknologi terkini dalam operasional perbankan.

"Namun perlu diwaspadai bahwa banyak oknum yang menyalahgunakan kesempatan dengan modus kejahatan yang beragam. Kami menyadari, hal ini menjadi upaya bersama bagi Jenius dan nasabah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada waktu mendatang," ucapnya.

Sebagai informasi, nasabah Jenius bernama Wirawan A Candra menceritakan peristiwa kehilangan dana tabungannya melalui akun Facebook pribadinya.

Dalam unggahannya, Wirawan menceritakan kronologi penipuan yang dialami, sampai kesulitan yang dihadapi dalam upaya pemblokiran ke Bank BTPN.

Baca juga: Harga Cabai Naik Saat PPKM, Mendag Lutfi: Siklus Musiman Saja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.