Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ragam Bansos yang Bisa Anda Dapat Selama PPKM Level 4

Kompas.com - 27/07/2021, 11:08 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Level 4 mulai Senin (26/7/2021), hingga tanggal 2 Agustus di 33 kabupaten/kota Jawa-Bali.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, PPKM Level 4 ini ditunjang dengan beragam bantuan sosial yang sudah mulai digelontorkan pemerintah sejak pelaksanaan PPKM Level 4 sebelumnya.

"Ada bantuan sosial baru untuk masyarakat di kabupaten/kota untuk penerapan di PPKM Level 4. Bantuan sosial yang diterima masyarakat antara lain menambah bantuan Kartu Sembako, Kartu Sembako PPKM yang diusulkan Pemda, perpanjangan BST, dan lainnya," kata Airlangga dalam konferensi pers kemarin.

Baca juga: Akankah Subsidi Gaji Rp 1 Juta Bisa Cair di Agustus 2021?

Untuk beragam bansos tersebut, pemerintah sudah menganggarkan Rp 39,19 triliun. Secara total, anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional naik sebesar Rp 55,21 triliun dari Rp 699,43 triliun menjadi Rp 744,75 triliun.

Bantuan banyak diberikan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin, pun kepada UMKM. Berikut ini 7 bantuan sosial yang bisa didapat selama masa PPKM Level 4.

1. Kartu Sembako

Pemerintah memperpanjang bantuan program Kartu Sembako selama 2 bulan, yakni bulan Juli-Agustus 2021.

Artinya, penerima program Kartu Sembako akan menerima dana tambahan untuk periode 14 bulan tahun 2021 dengan besaran manfaat Rp 200.000 per bulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menyiapkan alokasi tambahan Rp 7,52 triliun. Nantinya, bantuan menyasar 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta orang.

Baca juga: Cek Bansos Kartu Sembako, PKH, dan BST di cekbansos.kemensos.go.id

2. Beras Bulog 10 kg/keluarga

Pemerintah mengirim bantuan beras Bulog sebanyak 10 kg/keluarga kepada pemegang Kartu Sembako dan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Untuk pengadaan beras, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menyiapkan anggaran Rp 3,58 triliun yang akan menyasar pada 28,8 juta keluarga.

"Ini sekitar hampir 250.000 ton yang dikeluarkan dari gudang Bulog dan dibagikan kepada seluruh keluarga BST dan Kartu Sembako," tutur Sri Mulyani.

3. Tambahan penerima BST usulan Pemda

Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) akan ditambah sebanyak 5,9 juta KPM sebagai tindak lanjut dari usulan Pemerintah Daerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com