[TREN EKONOMI KOMPASIANA] Menata Ulang Kerja Hybrid | "Harga Teman", Komponen Harga yang Masih Misteri

Kompas.com - 28/07/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi kerja produktif selama work from home (WFH). SHUTTERSTOCKIlustrasi kerja produktif selama work from home (WFH).

KOMPASIANA---Pandemi Covid-19 banyak mengubah kebiasaan setiap orang dan lingkungan, termasuk cara bekerja.

Terbaru adalah skema bekerja campuran atau hybrid. Skema ini membuat karyawan sebagian bisa bekerja di kantor dan sebagian lainnya di rumah ataupun di luar kantor.

Karena itu, agar skema baru ini berjalan dengan baik, perusahaan perlu beradaptasi. Membangun budaya yang selaras untuk seluruh insan perusahaan dengan mendukung nilai-nilai organisasi menjadi salah satu caranya.

Budaya perusahaan yang sudah berfungsi baik, tidak membutuhkan perbaikan setelah pandemi. Hanya saja eksekutif perusahaan perlu mengkalibrasi ulang pendorong budaya perusahaan agar selaras dengan cara baru menyelesaikan pekerjaan.

Selain soal kerja hybrid dalam budaya perusahaan ada juga pembahasan seputar transformasi digital yang bukan sekada digitalisas serta "harg teman" sebagai komponen yang masih misteri hingga kini.

Berikut konten-konten menarik dan populer kanal Ekonomi di Kompasiana:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pendekatan "Corporate Culture", Menata Ulang Lingkungan Kerja Hybrid

Kompasianer Merza Gamal berpendapat, perusahaan yang memberikan lima pendorong budaya perusahaan yang secara kolektif membentuk bagaimana insan perusahaan berperilaku membuat manajer dan insan perusahaan siap untuk sukses.

Alasannya, dikatakan dia, karena para insan perusahaan tersebut akan terus menyesuaikan diri dengan dinamika kerja yang berkembang dengan tim hybrid, lingkungan kerja yang fleksibel, dan norma-norma baru.

"Pastikan keputusan didasarkan pada nilai-nilai organisasi, dan petakan komitmen dan pernyataan yang dibuat untuk perilaku kepemimpinan yang terlihat, kebijakan organisasi, dan kebutuhan insan perusahaan," tulisnya. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.