[KURASI KOMPASIANA] Manfaatkan Daun Pandan untuk Kesehatan, Modal Minim Hasil Lumayan

Kompas.com - 03/08/2021, 22:25 WIB
Daun pandan H-AB Photography / shutterstockDaun pandan

KOMPASIANA---Daun pandan umumnya sering dijadikan sebagai pewarna hijau alami. Tetapi, tanaman satu ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan beragam kandungan baiknya, daun pandan bermanfaat sebagai pengobatan yang banyak digunakan untuk meredakan rasa nyeri.

Selain itu daun pandan juga bisa digunakan untuk memberikan efek positif terhadap kadar gula darah setelah makan.

Di sisi lain daun pandan bukanlah tanaman yang sulit didapatkan. Lebih dari itu, kita juga dapat menanamnya di rumah sendiri.

Lalu, bagaimana caranya menanam daun pandan di rumah sendiri?

Selain soal manfaat daun pandan, ada juga pembahasan mengenai menanam sayur di polibag serta bertanam di pekarangan rumah dengan modal minim namum mendapat hasil yang lumayan.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana:

1. Memanfaatkan Daun Pandan untuk Kesehatan

Kompasianer Hendra Setiawan berpendapat memliki tanaman daun pandan sendiri di halaman rumah tentu dapat memudahkan kita dan tidak membuat repot jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Untuk langkah menanamnya, menurut dia, tidak terlalu sulit. Pertama, persiapkan wadah. Sebisa mungkin tanah yang digunakan adalah tanah gembur. Dan bila ingin hasil terbaik bisa dicampurkan pupuk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.