Meski Ada PPKM, Kinerja Penjualan Eceran Juli Diproyeksi Membaik

Kompas.com - 10/08/2021, 18:47 WIB
Seperti apa siasat toko kelontong dalam menghadapi era Industri 4.0? Shutterstock/RembolleSeperti apa siasat toko kelontong dalam menghadapi era Industri 4.0?
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja penjualan eceran Juli 2021 diproyeksi masih terkontraksi. Namun demikian, kinerja penjualan eceran pada Juli diprediksi mengalami perbaikan dibanding bulan sebelumnya.

Berdasarkan hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia (BI), meskipun terdapat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat atau berdasarkan level, responden diperkirakan kinerja penjualan eceran Juli membaik.

Hal itu tercermin dari berkurangnya kontraksi Indeks Penjualan Riil (IPR) Juli 2021 secara bulanan menjadi sebesar -8,3 persen secara bulanan (mtm), dari -12,8 persen pada Juni 2021.

“Perbaikan tersebut ditopang oleh peningkatan kinerja penjualan kelompok makanan, minuman, dan tembakau,” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan tertulis, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Serikat Karyawan Garuda: Syarat Perjalanan Masih Diskriminatif

Erwin menyebutkan, permintaan untuk kelompok makanan, minuman, dan tembakau diperkirakan masih cukup baik didukung berbagai strategi seperti penjualan secara online atau pesan antar yang meningkat seiring dengan kebijakan pembatasan mobilitas.

Secara tahunan, penjualan eceran Juli 2021 terkontraksi 6,2 persen (year on year/yoy), terutama pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, barang budaya dan rekreasi, dan subkelompok sandang.

Dari sisi harga, responden memperkirakan tekanan inflasi pada September menurun dan pada Desember meningkat.

Adapun Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) pada September sebesar 112,7, menurun dari bulan sebelumnya, didukung pasokan yang cukup karena distribusi barang yang lancar.

“Sementara itu, IEH Desember sebesar 129,3, lebih tinggi dari capaian pada bulan sebelumnya sebesar 119,9 didorong oleh tingginya permintaan dan berkurangnya ketersediaan barang saat HBKN Natal dan persiapan Tahun Baru,” ucap Erwin.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Lagi, Damri Belum Layani Rute-rute Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.