Kompas.com - 16/08/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi migas SHUTTERSTOCKIlustrasi migas

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, lifting minyak dan gas bumi diperkirakan masing-masing akan mencapai 703.000 barel dan 1.036.000 barel setara minyak per hari pada 2022.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam dalam Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-undang Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022, Senin (16/8/2021).

“Perkiraan pada 2022 tersebut, seiring dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan lifting migas nasional yang akan terus dilakukan, dengan terus memonitor dan mendorong percepatan proyek-proyek migas baru yang dapat on stream,” seperti dikutip dalam buku II Nota Keuangan dan RAPBN, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Soal Wacana IPO Setelah Merger dengan Gojek, Ini Penjelasan Tokopedia

Moitoring dan percepatan tersebut di antaranya adalah proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB), lapangan minimum descent altitude (MDA) dan minimum descent height (MDH) pada blok Madura Strait, serta Tangguh Train-3.

Sementara itu pada pelaksanaan program rutin Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) juga akan terus dilakukan.

Antara lain melalui peningkatan aktivitas pengeboran dalam Work Program and Budget (WP&B), serta pengerjaan ulang dan perawatan sumur dalam rangka menjaga level produksi di lapangan eksisting tidak mengalami penurunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, upaya pemanfaatan teknologi produksi seperti Enhanced Oil Recovery (EOR) juga akan terus didorong guna menahan tingkat penurunan alamiah lapangan migas nasional. (Siti Masitoh | Khomarul Hidayat)

Baca juga: Target Penerimaan Perpajakan Rp 1.506,9 Triliun di 2022, Naik 9,5 Persen

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Lifting minyak Indonesia ditargetkan 703.000 barel per hari di 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.