Kompas.com - 16/08/2021, 20:00 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda berivestasi, atau sedang belajar untuk melakukan investasi, maka Anda tidak asing dengan istilah aset likuid.
Apa itu aset likuid?

Dilansir dari Investopedia, Senin (16/8/2021), aset likuid adalah jenis aset yang bisa dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu yang relatif singkat.

Memiliki aset yang likuid menjadi penting baik untuk individu maupun perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Likuiditas? Simak Pengertian dan Contoh Berikut

Di catatan laporan keuangan perusahaan, aset likuid tercatat pada neraca sebagai aset lancar atau aktiva lancar.

Sebenarnya, untuk bisa mengenal pengeritan aset likuid, Anda perlu memahami terlebih dahulu makna likuiditas. Artikel mengenai arti likuiditas dapat dibaca pada link berikut

Lalu, aset apa saja yang termasuk dalam kategori aset likuid?

Uang tunai adalah jenis aset yang bisa dikatakan paling likuid. Alasannya, uang tunai adalah alat tukar yang legal dan pada akhirnya, setiap orang membutuhkan uang tunai.

Aset yang bisa dikonversi menjadi uang tunai secara cepat nilainya setara dengan uang tunai itu sendiri. Alasannya, pemegang aset tersebut bisa dengan mudah mendapatkan uang tunai dalam transaksi perdagangan.

Baca juga: Apa Itu Likuidasi?

Secara umum, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi agar sebuah aset bisa dianggap likuid.
Pertama, aset tersebut tersedia pada pasar yang telah mapan dan likuid serta terdapat pembeli yang sudah tersedia dalam jumlah besar.

Kedua, proses kepemilikan aset tersebut harus aman dan mudah. Dalam beberapa kasus, waktu yang dibutuhkan untuk mengonversi sebuah aset menjadi uang tunai cukup beragam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.