Blibli Akselerasi Penguatan UMKM dan Bisnis Industri Halal

Kompas.com - 29/08/2021, 19:20 WIB
Ilustrasi Blibli. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Blibli.

JAKARTA, KOMPAS.com - Blibli menandatangani Perjanjian Kerja Sama dan Deklarasi Sinergi Akselerasi Penguatan UMKM dan Bisnis Industri Halal bersama Kementerian dan Lembaga yang terlibat dalam Pilot Project Sentra UMKM Industri Halal.

Penandatanganan dilakukan secara simbolis bersama dengan 13 unit organisasi baik swasta dan pemerintah yang diselenggarakan virtual oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia .

CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya yang sejalan dengan pemerintah termasuk dibentuknya penyelia atau pengawas dalam pengimplementasian Sistem Jaminan Halal (SJH) HAS 2300 oleh suatu perusahaan e-commerce.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Heran RI Kebanjiran Makanan Halal Impor

"Blibli sangat bangga dipercaya dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam pelaksanaan pilot project untuk mengakselerasi pengembangan UMKM Industri Halal dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui ekosistem e-commerce kami," ujarnya dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Minggu (29/8/2021).

Menurut Kusumo, dengan hadirnya penyelia halal menegaskan bahwa keseluruhan value chain di ekosistem e-commerce Blibli telah memperhatikan standarisasi SJH, termasuk penyimpanan di 20 warehouse dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia.

“Hal ini adalah wujud komitmen Blibli dalam memandu potensi industri halal, khususnya bagi pelaku UMKM, melalui kategori dan kurasi khusus dalam memasarkan produk Muslim-friendly serta halal, antara lain produk halal di Blibli Hasanah, Fashion Muslim, serta investasi emas,” ujar Kusumo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut dia menjelaskan, sejak peluncuran Blibli Hasanah yang memuat kurasi produk Muslim-friendly dan halal, pada kuartal II/ 2020, kelompok produk fashion muslim, makanan dan minuman halal, kesehatan dan kecantikan halal, serta perhiasan emas dan logam mulia telah mengalami kenaikan order rata-rata sebesar 2 kali lipat per kuartal, hingga kuartal I/ 2021 lalu.

"Kehadiran ekosistem penunjang gaya hidup halal dan dukungan terhadap UMKM Industri Halal sejalan dengan visi kami yaitu Customer Satisfaction First, dengan terus memberikan nilai tambah yang mencakup pengiriman cepat 2 jam sampai dan scheduled delivery dan produk yang telah dikurasi dan berkualitas," ungkap Kusumo.

Baca juga: Disebut-sebut IPO Tahun Depan, Ini Kata Blibli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.