KILAS

NTP dan NUTP Agustus 2021 Naik, Kementan: Bukti Kesejahteraan Petani Membaik

Kompas.com - 02/09/2021, 08:57 WIB
Mentan saat meninjau kebun porang milik Kelompok Tani Semangat Millenial binaan Syaharuddin di Desa Talumae, Kecamatan Watan Sidenreng, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel). DOK. KEMENTANMentan saat meninjau kebun porang milik Kelompok Tani Semangat Millenial binaan Syaharuddin di Desa Talumae, Kecamatan Watan Sidenreng, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel).

KOMPAS.com – Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mengatakan, nilai tukar petani (NTP) dan nilai tukar usaha rumah tangga pertanian (NTUP) pada Agustus ini mengalami kenaikan yang konsisten.

Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu indikator bahwa tingkat kesejahteraan petani terus membaik serta dapat menjadi bukti bahwa sektor pertanian selalu bertumbuh khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Nilai NTP dan NTUP sepanjang 2021 terus meningkat. Ini menjadi pertanda baik bagi indikator kesejahteraan petani," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Kenaikan tersebut diketahui dari rilisan Badan Pusat Statistik (BPS) terkait NTP pada Agustus 2021 yang secara nasional naik 1,16 persen menjadi 104,68 month to month (MtoM) dibandingkan NTP Juli 2021, yaitu 103,48 .

Kenaikan NTP dikarenakan indeks harga yang diterima petani (It) naik sebesar 1,17 persen, lebih tinggi dari kenaikan indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebesar 0,01 persen.

Baca juga: Kementan Targetkan Bangun 1.000 Jalan Usaha Tani Agar Alsintan Dapat Beroperasi

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, ada dua subsektor pendukung yang membuat NTP di Agustus mengalami kenaikan, yaitu tanaman pangan yang naik 1,39 persen dan tanaman perkebunan rakyat naik 2,90 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Secara nasional, NTP Januari–Agustus 2021 lebih tinggi 2,23 persen dibandingkan NTP Tahun 2020 pada periode yang sama. Perubahan tertinggi terjadi pada subsektor tanaman perkebunan rakyat sebesar 14,73 persen," ungkapnya dalam keterangan persnya, Rabu (1/9/2021).

Peningkatan NTP juga turut diikuti oleh peningkatan NTUP sebesar 104,8 atau naik 1,00 persen (MtoM).

Sama seperti NTP, peningkatan NTUP turut dipicu kinerja positif NTUP subsektor tanaman pangan dan perkebunan rakyat masing-masing naik 1,28 persen dan 2,58 persen.

Baca juga: NTP Agustus 2021 Naik, Kementan Sebut Kesejahteraan Petani Membaik

“Pada Agustus 2021, NTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kenaikan tertinggi yaitu 3,68 persen dibandingkan kenaikan NTP provinsi lainnya," jelasnya.

Dalam keterangan persnya, BPS juga merilis perkembangan harga gabah baik di tingkat petani maupun di tingkat penggilingan.

Pada Agustus ini, rata-rata harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp 4.448,00 per kilogram (kg) atau naik 3,19 persen (MtoM) dan di tingkat penggilingan Rp 4.545,00 per kg atau naik 3,12 persen dibandingkan harga gabah kualitas pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, rata-rata harga gabah kering giling (GKG) di tingkat petani Rp 5.038,00 per kg atau naik 3,37 persen dan di tingkat penggilingan Rp 5.148,00 per kg atau naik 2,92 persen.

Baca juga: Jaga Harga Gabah, Kementan Ingin Petani Nikmati Keuntungan Produksi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.