KILAS

Telkom Pastikan Jaringan Telekomunikasi PON XX Papua Siap Digunakan

Kompas.com - 06/09/2021, 10:06 WIB
Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda (tengah) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (paling kiri), Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kedua dari kiri) dalam acara Rehearsal Test Kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021 di Jayapura, Kamis (2/9/2021). DOK. TelkomKetua Harian PB-PON Yunus Wonda (tengah) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (paling kiri), Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kedua dari kiri) dalam acara Rehearsal Test Kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021 di Jayapura, Kamis (2/9/2021).

KOMPAS.com – Direktur Network and Information Technology Solution PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Herlan Wijanarko mengatakan, pihaknya siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021.

“Setelah melalui tes yang berlapis pada tiga bulan terakhir, kami dapat pastikan jaringan telekomunikasi PON XX Papua 2021 telah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh kontingen serta masyarakat,” ujarnya dalam rehearsal test (uji jaringan), Kamis (2/9/2021).

Herlan mengatakan, Telkom merupakan salah satu perusahaan yang mendukung penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Oleh karena itu, Telkom turut melakukan persiapan demi memastikan kelancaran komunikasi dan konektivitas internet selama PON XX Papua 2021 berlangsung.

Beragam bentuk persiapan yang dilakukan, di antaranya rehearsal test dan pengecekan infrastruktur yang akan digunakan sebagai tulang punggung komunikasi selama PON XX Papua 2021 berlangsung.

Baca juga: Persiapan PON Papua, Vaksinasi Covid-19 di Merauke dan Kota Jayapura Capai 50 Persen

Usai rehearsal test, Herlan memastikan, Telkom telah siap melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rehearsal test redundancy network ini kami gelar untuk memastikan ketahanan, kesiapan, dan keamanan jaringan serta sistem telekomunikasi yang digunakan selama perhelatan PON XX Papua 2021,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Uji jaringan tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik Telkom maupun Telkomsel, termasuk Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang berupa kabel bawah laut, satelit, radio IP, dan cyber security attack (DDoS protection).

Telkom melakukan rehearsal test selama tiga bulan, yakni sejak Juni 2021, untuk memastikan kelancaran dan keamanan konektivitas jaringan telekomunikasi PON XX Papua 2021.

Dalam tiga bulan tersebut, uji jaringan dilakukan melalui 61 kegiatan yang terdiri dari beragam skenario gangguan berbeda-beda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.