7 Tips Sukses di Hari Pertama Kerja Tanpa Terkesan Cari Muka

Kompas.com - 12/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Ini hari pertama kamu bekerja sebagai karyawan baru? Di satu sisi, rasanya senang karena diterima bekerja, apalagi jika diterima di perusahaan idaman atau bidang yang sesuai passion.

Namun di sisi lain, jantung berdetak lebih kencang. Canggung dan grogi karena akan bertemu dengan atasan dan rekan kerja.

Kemudian bertanya-tanya, bagaimana nanti cara menghadapi mereka, apa yang harus dilakukan, dan pertanyaan lain yang berkecamuk di benak.

Setiap orang, mungkin termasuk kamu ingin memiliki hari pertama kerja yang berkesan. Disukai atasan dan rekan-rekan, serta mampu menunjukkan kemampuan dalam bekerja.

Begini cara atau tips membuat kamu disukai dan sukses besar di hari pertama bekerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Persiapkan ‘peralatan tempur’ untuk besok

Rasa deg-degan memulai hari pertama bekerja di kantor sebagai karyawan baru pasti sudah muncul ketika malam sebelum hari H. Coba atasi hal tersebut dengan mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa esok hari.

Mulai dari laptop, buku catatan, alat tulis, hingga barang pribadi, seperti charger, powerbank, parfum, ponsel, dan lainnya. Jadi, kamu tidak terburu-buru di pagi hari atau bahkan telat datang ke kantor karena baru menyiapkan ‘peralatan tempur’ tersebut di pagi hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan semua yang akan kamu bawa sudah berada di tas. Besok bangun tidur, tinggal mandi, sarapan, lalu berangkat lebih awal agar tidak terlambat.

2. Kenakan pakaian formal yang rapi dan sopan

Tak perlu membeli baju baru di hari pertama bekerja, kecuali memang sudah rusak atau bolong sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Tetapi jika masih punya pakaian formal yang layak dan sopan, gunakan saja yang ada. Tinggal disetrika, agar tidak terlihat kusut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.