Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shopee: Batik hingga Fesyen Muslim Diupayakan Tidak Dijual Penjual Asing

Kompas.com - 16/09/2021, 06:43 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Executive Director Shopee Indonesia Christin Djuarto melakukan klarifikasi ke Komisi VI DPR RI terkait dengan tudingan bahwa e-commerce tersebut memfasilitasi produk impor dengan harga yang sangat murah.

Terkait dengan hal ini, dia tidak menampik adanya penjualan cross border penjual asing di platformnya. Namun, dia mengeklaim persentasenya hanya sedikit.

"Awal tahun ini memang ada isu-isu kalau misalnya Shopee pilih produk asing, dan saya melihat memang sebenarnya penjualan untuk cross border penjual asing sih enggak banyak, di Shopee itu kecil persentasenya," ujar Christin dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Disomasi Karena Memfasilitasi Restoran Jual Daging Anjing, Ini Kata Shopee

Menurut Christin persentase penjualan cross border jika dibandingkan pada awal tahun, hingga saat ini sudah semakin mengecil. "Awal tahun itu 3 persen dan sekarang lebih kecil lagi," kata Christin.

Christin menjelaskan hal ini memang memunculkan kekhawatiran, baik dari masyarakat dan pemerintah.

Oleh sebab itu, saat ini, Shopee sudah proaktif untuk membatasi produk unggulan Indonesia untuk tidak dimasukkan penjual asing ke platform Shopee.

Adapun beberapa produk yang dilarang untuk dijual pedagang asing ke platform Shopee di antaranya adalah batik, kebaya, hijab atau fesyen muslim, serta kerajinan rumah tangga.

Baca juga: Luhut Ketemu Bos Shopee, Bahas Apa?

"Memang penjualannya enggak banyak, tapi produk ini kita fokuskan biar UMKM yang menjualnya bukan penjual yang asing," ungkap Christin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com