Kompas.com - 17/09/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi Shutterstock/Pepsco StudioIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menaikkan anggaran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini dari semula Rp 253 triliun menjadi Rp 285 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Arahan Bapak Presiden, anggaran KUR ini ditingkatkan dan saat ini sudah ditingkatkan dari Rp 253 triliun menjadi Rp 285 triliun dengan bunga 3 persen,” kata dia, dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Mau Ajukan KUR Bank Mandiri? Simak Syarat dan Besaran Bunganya

Adapun hingga 13 September 2021, realisasi penyaluran KUR telah mencapai Rp 179,54 triliun kepada 4,77 juta debitur.

Realisasi tersebut Ini baru mencapai 63 persen dari target tahun 2021, dengan rasio kredit macet atau Non Performing Loan tetap terjaga di 0,99 persen.

Selain penambahan anggaran, sejumlah insentif lainnya telah digelontorkan untuk program ini, seperti pemberian tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen hingga 31 Desember 2021, kebijakan penundaan angsuran pokok KUR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah juga memberikan relaksasi ketentuan KUR berupa perpanjangan jangka waktu serta penambahan limit plafon KUR yang diberikan kepada penerima KUR terdampak pandemi Covid-19.

“Pemerintah terus memaksimalkan peran KUR untuk membantu UMKM bertahan di masa pandemi sekaligus meningkatkan produktivitas UMKM agar bisa naik kelas dan go digital,” ucap Airlangga.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta persyaratan kredit usaha rakyat (KUR) terus dipermudah. Hal ini untuk mendongkrak kinerja pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca juga: Jokowi: Persyaratan KUR Pertanian Harus Dipermudah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.