Kompas.com - 17/09/2021, 14:07 WIB
Ilustrasi iklan baris kompasiana.com/Budi Susilo Ilustrasi iklan baris

KOMPAS.com - Di era kejayaan media cetak atau surat kabar, iklan baris sangat populer sebagai media promosi. Selain koran, contoh iklan baris juga mudah ditemui pada majalah dan tabloid. Iklan baris adalah iklan yang dengan bahasa yang sangat singkat. 

Bahkan beberapa surat kabar sengaja menambah jumlah halamannya guna mengakomodir iklan baris. Ciri khas dari iklan baris adalah isi iklan yang sangat pendek dan padat.

Definisi iklan baris

Dikutip dar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan baris adalah iklan singkat yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam sebuah kolom.

Dalam Bahasa Inggris, iklan baris adalah disebut sebagai classified advertising. Merujuk pada Cambridge Dictionary, iklan baris adalah jenis iklan kecil yang sering dipasang di media cetak, ditujukan untuk menjual atau membeli produk atau menawarkan pekerjaan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Pendeknya iklan baris adalah untuk menghemat biaya pengeluaran iklan. Semakin sedikit baris yang digunakan, maka semakin hemat pula biaya yang dikeluarkan.

Ini karena penetuan tarif memasang iklan baris adalah jumlah barisnya. Untuk mempersingkat kata-kata dalam iklan baris, kerapkali pengiklan menyingkat kata atau frase, misalnya "nomor" hanya ditulis dengan "no". "Administrasi" disingkat menjadi "Adm".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu "cepat" ditulis "cpt", "dekat ditulis "dkt", "luas tanah" ditulis "lt", "jual" ditulis "jl", dan sebagainya.

Pada umumnya, iklan baris adalah terdiri hanya 2 sampai 3 baris saja. Informasi yang dicantumkan dalam iklan baris pun hanya seperlunya saja, misalnya nomor telepon dan alamat.

Baca juga: Apa Itu Reklame dan Bedanya dengan Iklan?

Iklan baris juga hanya mengandalkan teks, alias tidak menggunakan gambar.

Dalam surat kabar, iklan baris adalah dikelompokan sesuai dengan kategorinya. Dalam contoh iklan baris di surat kabar, pengelompokan umumnya terdiri dari lowongan kerja, jual beli kendaraan, jual beli properti, penawaran jasa, kehilangan barang, dan sebagainya.

Iklan baris adalah ciri khas iklan pada koranPixabay/CongerDesign Iklan baris adalah ciri khas iklan pada koran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.