Ingat, Beli Mobil Baru Masih Bisa Dapat Diskon PPnBM hingga Akhir 2021

Kompas.com - 19/09/2021, 15:48 WIB
Aturan Terbaru Diskon PPnBM Mobil KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoAturan Terbaru Diskon PPnBM Mobil


JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat yang ingin membeli mobil baru masih bisa mendapatkan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hingga Desember 2021.

Pasalnya, Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPnBM Ditanggung Pemerintah atau PPnBM DTP untuk kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021.

Perpanjangan kebijakan PPnBM DTP juga masih berlaku untuk penerapan diskon 100 persen untuk setiap kendaraan bermotor yang dibeli. Artinya, kini masih bisa beli mobil bebas pajak.

Baca juga: Diskon PPnBM Kembali Diperpanjang, Wamenkeu: Silakan Dinikmati Sampai Desember

Melalui PMK 120/PMK 010/2021, besaran insentif diskon PPnBM kendaraan bermotor yang semula diberikan dari Maret hingga Agustus 2021 diperpanjang menjadi hingga Desember 2021.

Berikut rincian insentif PPnBM mobil yang diperpanjang hingga akhir tahun 2021:

  • PPnBM DTP 100 persen untuk segmen kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc
  • PPnBM DTP 50 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4×2 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc
  • PPnBM DTP 25 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4×4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc.

Alasan perpanjangan diskon PPnBM mobil

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Febrio Kacaribu menjelaskan sejumlah alasan Pemerintah dalam mengambil kebijakan perpanjangan kebijakan diskon PPnBM mobil 2021 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Diskon PPnBM Mobil Resmi Diperpanjang, yang Sudah Bayar Bisa Refund

“Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19, sehingga diharapkan terus dimanfaatkan” ungkapnya melalui keterangan resmi, dikutip pada Minggu (19/9/2021).

Secara kumulatif Januari-Juli 2021, penjualan mobil ritel telah tumbuh 38,5 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Capaian ini menunjukkan geliat yang sangat positif sebagai dampak kebijakan insentif diskon pajak mobil yang telah diberikan.

Dengan peningkatan penjualan tersebut, para produsen kendaraan bermotor pun dapat kembali beroperasi dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.