Diskon PPnBM Kembali Diperpanjang, Wamenkeu: Silakan Dinikmati Sampai Desember

Kompas.com - 17/09/2021, 11:55 WIB
Setidaknya ada 4 model mobil di daeler resmi Honda Prisma Surabaya yang ikut masuk dalam katagori insentif Pajak Penjual atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen. (KOMPAS.com/MUCHLIS)Setidaknya ada 4 model mobil di daeler resmi Honda Prisma Surabaya yang ikut masuk dalam katagori insentif Pajak Penjual atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang diskon PPnBM untuk pembelian kendaraan bermotor hingga 100 persen sampai dengan Desember 2021.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, diskon PPnBM 100 persen ini diberikan untuk mobil penumpang dengan kapasitas mesin hingga 1500 cc.

Semula insentif berakhir pada bulan Agustus 2021.

Baca juga: Sah, Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat memanfaatkan diskon untuk percepatan konsumsi yang sempat menurun akibat varian Delta Covid-19.

"Pemerintah baru saja perpanjang insentif untuk kendaraan bermotor di bawah 1500 cc yang tadinya insentif diberikan gratis sampai Agustus kita perpanjang. Silakan dinikmati PPnBM gratis sampai bulan Desember 2021," kata Suahasil dalam webinar Wealth Wisdom, Jumat (17/9/2021).

Suahasil menuturkan, perpanjangan diskon diberikan untuk meningkatkan produksi industri otomotif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, produksi sempat kembali melambat sejak varian delta masuk ke Indonesia di bulan Juni 2021.

Perpanjangan diskon PPnBM juga menjadi pelengkap diskon lain yang masih diberikan, yakni PPh 25, PPh Final UMKM, dan penurunan PPh Badan.

Baca juga: Diskon PPnBM Mobil Resmi Diperpanjang, yang Sudah Bayar Bisa Refund

"Kita berharap ini jadi insentif untuk konsumen dan kemudian membeli kendaraan bermotor di bawah 1500 cc karena local purchase-nya sangat tinggi. Mempekerjakan pekerja dan bisa menggulirkan pendapatan kembali. Momentum ini kita dorong," ucap Suahasil.

Sebagai informasi, diskon PPnBM 100 persen berlaku untuk mobil penumpang dengan kapasitas mesin sampai 1.500 cc.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.