Jadi Primadona Dunia, Produk Mebel dan Kerajinan Indonesia Mendominasi Pasar Global

Kompas.com - 21/09/2021, 11:32 WIB
Presiden Jokowi singgah di sebuah toko kerajinan dan mebel di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (16/03/2021) BPMI Setpres/Laily RachevPresiden Jokowi singgah di sebuah toko kerajinan dan mebel di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (16/03/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, produk mebel dan kerajinan merupakan komoditas ekspor primadona Indonesia.

Bahkan, peminatnya tersebar di berbagai negara di dunia.

“Produk mebel dan kerajinan Indonesia adalah salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia yang telah diakui kualitasnya secara internasional, yang tak kalah membanggakan, produk mebel dan kerajinan Indonesia kini sudah mendominasi pasar global, mulai dari Amerika Serikat, Timur Tengah, hingga Jepang,” ujar Lutfi saat memberikan sambutan secara virtual dalam Indonesia International Furniture Expo (IFEX) Virtual Showroom 2021 yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Pesan Jokowi ke Pelaku Usaha Mebel: Tingkatkan Daya Saing di Pasar Global

Mendag menjelaskan, selama periode Januari-Agustus 2021, nilai ekspor produk mebel Indonesia mengalami kenaikan sebesar 29 persen menjadi 1,88 miliar dollar AS dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu secara tahunan.

Ia berharap, IFEX 2021 dapat berjalan dengan sukses dan dapat turut mendorong pemulihan sektor ekonomi, sekaligus mempromosikan produk mebel dan kerajinan Indonesia ke pasar global yang lebih luas lagi.

Dalam sambutannya, Lutfi juga mengundang para pelaku usaha mebel dan kerajinan untuk ikut menyukseskan Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition pada 21 Oktober-20 Desember 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IFEX Virtual Showroom 2021 merupakan konsep promosi digital untuk produk furnitur dan dekorasi rumah yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Sebagian Eks Gerai Giant Berganti Jadi Toko Mebel IKEA

Kegiatan ini menampilkan berbagai produk furnitur dan dekorasi rumah serta diikuti oleh lebih dari 60 pelaku usaha dan ditargetkan akan dikunjungi 3.500 pengunjung dari sektor furnitur, real estate, desain interior, home and garden, tourism and hospitality, serta ritel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.