Lewat Platform Kopra, Bank Mandiri Kejar Target Pertumbuhan Kredit 6-7 Persen

Kompas.com - 07/10/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. kode bank mandiri (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri. kode bank mandiri

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan, kredit perbankan hingga akhir tahun ini mampu tumbuh di kisaran 6 persen sampai 7 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Salah satu langkah yang dilakukan Bank Mandiri untuk merealisasikan target tersebut ialah melalui integrasi bisnis wholesale dan retail.

Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan potensi value chain pada ekosistem nasabah korporasi, mengakselerasi transformasi digital dengan pengembangan solusi digital, perbaikan proses, modernisasi channel, serta peningkatan kapabilitas core banking.

Baca juga: Bank Mandiri Luncurkan Kopra, Apa Itu?

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, berbeda dengan layanan digital retail yang bersifat satu untuk semua, kebutuhan layanan segmen wholesale lebih bervariatif dan luas menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Saat ini, kebutuhan tersebut dilayani dengan multi produk atau layanan yang diakses terpisah oleh nasabah wholesale.

Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan layanan transaksi digital bagi nasabah wholesale, Bank Mandiri menghadirkan layanan digital single access platform yang bertajuk Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Konsep single access yang diusung oleh Kopra by Mandiri membuat nasabah lebih praktis dan holistik dalam menjalankan aktivitas finansial dan pemantauan transaksi keuangan di Bank Mandiri, efisien dan mudah mengakses informasi produk di Bank Mandiri, serta memberikan kemudahan kontrol, alokasi dan monitoring funding, serta lending di level entitas maupun grup usaha," tutur Panji, dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021).

Panji menjelaskan, Kopra by Mandiri merupakan layanan digital komprehensif yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya secara end-to-end atau dari hulu ke hilir.

Baca juga: Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Tanpa Perlu ke Kantor Cabang

Kopra by Mandiri dihadirkan dalam tiga varian, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.

Pertama, Kopra Portal merupakan single access portal untuk memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengakses layanan portal digital existing, seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Mandiri Financial Supply Chain Management (MFSCM), Mandiri Global Trade (MGT), Mandiri e-FX, Mandiri Smart Account (MSA), dan Mandiri Online Custody.

Konsep perbankan digital terintegrasi juga disediakan bank dengan kode emiten BMRI itu untuk para pelaku usaha dengan kompleksitas bisnis dan teknologi yang lebih maju melalui solusi layanan Kopra Host-to-Host berbasis API atau teknologi komunikasi antar-sistem bank dan nasabah.

Varian ketiga, yakni Kopra Partnership merupakan platform partnership atau kemitraan dengan pihak-pihak di luar Bank Mandiri yang memiliki kapabilitas sebagai business enabler pendukung layanan keuangan yang ada di pasar.

"Konsep sinergi ini akan meningkatkan kemampuan bank dalam memberikan solusi yang tepat, efisien, dan terintegrasi serta membantu pertumbuhan bisnis bagi ceruk pasar atau nasabah yang sangat spesifik," ucap Panji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.