Kemenaker Ajak Buruh dan Pengusaha Bahas Perluasan BSU, JHT, dan Pengupahan

Kompas.com - 08/10/2021, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar Ngopi Bareng Tripartit sambil membahas isu ketenagakerjaan di Gedung Kemenaker, Jakarta.

Dalam pertemuan Tripartit tersebut isu yang dibahas mulai dari wacana perluasan bantuan subsidi upah (BSU), Jaminan Hari Tua (JHT), pengupahan, dan tenaga kerja bongkar muat.

Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Kemenaker Indah Anggoro Putri menginginkan kegiatan seperti ini dilakukan setiap tiga bulan sekali. Kemudian, digelar di tempat dengan suasana terbuka sambil membahas isu-isu terkini terkait dunia ketenagakerjaan.

Baca juga: Kemnaker Pastikan Dana JHT Bisa Dicairkan Asalkan..

"Setiap tiga bulan, saya itu pengen ngerumpi, ngobrol sehat sama serikat pekerja, sama temen-temen pengusaha, membahas apa yang kira-kira update, terus mencari solusi bersama," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (8/10/2021).

Dalam pertemuan itu, Sekretaris Jenderal KSPSI AGN Hermanto Achmad menilai, pertemuan secara santai dalam membahas berbagai persoalan sangat penting. Apalagi, kata dia, ketika persoalan tidak selesai di forum resmi, maka dapat terselesaikan di forum yang santai.

Ia menyatakan bahwa dalam suasana pandemi seperti saat ini, para pekerja membutuhkan berbagai jaminan dari pemerintah agar tetap bertahan. Jaminan tersebut, seperti bantuan subsidi upah, JHT dan Jamina Pensiun. "Kayak rencana perluasan cakupan BSU itu bagus," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih di lokasi yang sama, Ketua Bidang Regulasi Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Myra M Hanartani mengapresiasi atas inisiasi Kemenaker yang telah mempertemukan unsur-unsur tripartit.

Dari berbagai isu ketenagakerjaan yang disampaikan Dirjen Putri, ujar Myra, pihaknya bersama serikat pekerja siap menyukseskan program-program pemerintah.

"Kami dari dunia usaha siap menyukseskan semua program-program pemerintah yang untuk menyejahterakan rakyat Indonesia," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.