Kompas.com - 19/10/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi: Nasabah CIMB Niaga dok CIMB NIagaIlustrasi: Nasabah CIMB Niaga

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk menjalin kerja sama dengan financial technology (fintech) PT Berdayakan Usaha Indonesia atau Batumbu.

Kolaborasi ini dijalin untuk memperluas kredit ke segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami percaya partnership atau kerja sama itu penting supaya lebih banyak lagi masyarakat atau pelaku UMKM bisa mendapatkan akses kredit perbankan," kata Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga, Tony Tardjo, dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: OCTO Mobile Jadi Senjata CIMB Niaga Bersaing dengan Bank Digital

Adapun kerja sama dilakukan melalui skema channeling, atau CIMB Niaga menyalurkan kredit UMKM melalui Batumbu.

Pada tahap awal, bank dengan kode emiten BNGA itu menargetkan penyaluran kredit sebesar Rp 50 mliar melalui Batumbu.

"Melalui pemanfaatan digital platform, perbankan dapat meningkatkan efisiensi, menjangkau nasabah-nasabah baru yang belum tersentuh pembiayaan perbankan, serta meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Tony.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tony membuka kemungkinan, porsi penyaluran kredit UMKM melalui Batumbu akan terus meningkat. Ini selaras dengan rencana agresif perusahaan dalam menyalurkan pembiayaan, di tengah tren pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Perluas Jangkauan Kredit, CIMB Niaga Tingkatkan Kolaborasi dengan Fintech

"Saya lihat bisnis mulai menggeliat. Saya lihat beberapa sektor, terutama terkait consumer goods, kesehatan, mulai bangkit dan permintaan kredit mulai meningkat," kata dia.

Sementara itu, CEO Batumbu Jenny Wiriyanto menyatakan, dengan telah terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan CIMB Niaga, diharapkan dapat meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis.

"Dengan demikian, kami dapat menghasilkan solusi keuangan kreatif dengan pendekatan melalui rantai pasok hulu ke hilir secara holistik untuk pemberdayaan ekosistem yang berkelanjutan," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.