SKD CPNS 2021 di Luar Negeri Digelar 26-28 Oktober, Ini Syaratnya

Kompas.com - 20/10/2021, 12:44 WIB
Peserta ujian SKD CPNS 2021 Kemenko Marves. Kemenko MarvesPeserta ujian SKD CPNS 2021 Kemenko Marves.


JAKARTA, KOMPAS.com - SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru tahun 2021 yang berlangsung di luar negeri bakal digelar pada 26-28 Oktober 2021.

Ujian SKD CPNS dan tes PPPK yang sedang tersebar di berbagai negara ini akan berlangsung di 74 titik lokasi (Tilok) perwakilan RI di luar negeri.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyebutkan, seleksi di Tilok luar negeri akan diikuti 473 peserta yang melamar di berbagai instansi pusat dan daerah berkat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri.

Baca juga: Cek Ketentuan Lulus SKD CPNS 2021 untuk Bisa Ikut SKB

"Apa saja dokumen kelengkapan yang harus dibawa dan kapan jadwal per peserta? Instansi wajib mengumumkan rincian syarat, jadwal, dan lokasi kepada peserta SKD maksimal H-7," terangnya sebagaimana dikutip dari media sosial resmi BKN, Rabu (20/10/2021).

Syarat kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti sertifikat vaksin, syarat swab PCR, sampai dengan zona waktu pelaksanaan ujian masing-masing peserta akan terlampir lewat pengumuman instansi yang dilamar.

Syarat SKD CPNS di luar negeri

Terdapat sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta ujian SKD CPNS dan tes PPPK 2021 di luar negeri, mulai dari syarat kelengkapan dokumen hingga protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pengumuman SKD dan Jadwal SKB CPNS 2021 Belum Pasti

Setiap peserta wajib membawa kelengkapan sebagai berikut:

  • Paspor asli atau KTP-el atau Kartu Keluarga asli atau salinan Kartu Keluarga yang telah dilegalisasi pejabat berwenang atau Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) asli.
  • Kartu Peserta Ujian pada laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan akun masing-masing peserta, wajib dicetak berwarna (tidak hitam putih) dengan printer berkualitas baik.
  • Bukti Deklarasi Sehat pada halaman resume SSCASN, wajib diisi, dicetak dan ditandatangani.
  • Hasil cetak atau salinan lunak surat keterangan hasil negatif swab test RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK NonGuru atau surat keterangan hasil non reaktif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK NonGuru.
  • Bukti vaksinasi minimal dosis pertama (kecuali ada kebijakan berbeda di negara setempat, misalnya karena kondisi peserta yang tidak bisa menerima vaksin atau kebijakan vaksin yang terbatas di negara setempat);
  • Alat tulis berupa pensil kayu;
  • Laptop (hanya bagi peserta yang pada lampiran diminta membawa laptop);

Baca juga: SKB CPNS 2021: Aturan, Bobot Nilai, dan Kisi-kisi Materi Ujian CAT BKN

Adapun bagi peserta yang diminta membawa laptop pribadi untuk ujian wajib memenuhi ketentuan dan spesifikasi minimal sebagai berikut:

  • Processor Client 2.0 Ghz.
  • Microsoft Windows 7, 8, 10 atau Open Source/Linux.
  • Web Browser Google Chrome atau Mozilla Firefox (terbaru).
  • Harddisk Drive (HDD) 120 GB.
  • Memori 4 GB.
  • LAN CARD 100/1000 Mbps.
  • Mouse eksternal.
  • Memiliki Webcam.
  • Laptop peserta yang digunakan untuk ujian hanya berisi aplikasi browser; aplikasi lainnya harus dihapus/uninstall terlebih dahulu.

Laptop pribadi yang akan digunakan peserta untuk ujian harus sudah diserahkan kepada petugas paling lambat 1 jam dari jadwal ujian.

Penggunaan laptop pribadi peserta dapat ditentukan oleh Petugas Perwakilan RI (dapat ditukar di antara peserta atau ditukar di antara peserta dan panitia sebagai laptop pengawasan secara virtual meeting).

Baca juga: Kapan Jadwal SKB CPNS 2021 Diumumkan? Simak Penjelasan BKN

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.