Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menulis Cover Letter atau Surat Lamaran Kerja Beserta Contohnya

Kompas.com - 23/10/2021, 15:10 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat pengantar atau cover letter adalah sama halnya dengan surat lamaran kerja.

Cover letter ini dituliskan di badan e-mail ketika Anda mengirimkan surat lamaran kerja.

Surat pengantar atau cover letter ini diperlukan ketika Anda mengirim surat lamaran kerja serta curriculum vitae (CV) dan berisi penjelasan mengenai alasan Anda melamar dan posisi apa yang Anda lamar pada perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Cara Menulis Cover Letter

Cover letter adalah sarana Anda melakukan promosi diri kepada perusahaan.

Isi cover letter contohnya adalah penjelasan kualitas dan kualifikasi Anda sebagai pelamar terhadap posisi yang Anda inginkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menulis Subject E-mail Lamaran Kerja?

Bila resume atau CV berisi pengalaman Anda baik pengalaman akademis serta pengalaman kerja, cover letter berisi minat Anda terhadap posisi yang Anda lamar serta apa yang membuat Anda merupakan calon yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Dikutip dari Harvard Business Review, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum menulis cover letter lamaran kerja Anda.

Berikut adalah tahapan cara menulis cover letter menurut Harvard Business Review:

  1. Melakukan riset. Hal ini penting untuk mengenal perusahaan serta posisi yang akan Anda lamar. Tentu saja, tanggung jawab atau peran terkait posisi yang akan Anda lamar ada pada deskripsi di lowongan kerja. Namun, Anda bisa melakukan riset lebih lanjut, baik lewat laman resmi perusahaan, profil Twitter atau LinkedIn petinggi perusahaan, atau sumber lain yang saat ini mudah dijangkau lewat online.
  2. Fokus ke tujuan masa depan Anda. Hal ini berbeda dengan resume atau CV Anda yang berisi pengalaman akademis maupun profesional yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Anda perlu menegaskan tujuan Anda, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan dan posisi yang Anda lamar di dalam cover letter atau surat lamaran Anda.
  3. Tidak bertele-tele. Hal ini kerap terjadi dalam penulisan cover letter atau surat lamaran kerja. Ungkapkan alasan Anda melamar pada posisi yang Anda inginkan dan apa yang akan Anda lakukan di cover letter tersebut.
  4. Tekankan pada nilai-nilai diri Anda. Sebisa mungkin Anda membuat cover letter sebagai alat Anda untuk melakukan ajang promosi terhadap diri Anda. Bila Anda melamar posisi sebagai seorang writer atau penulis misalnya, jelaskan mengenai pengalaman Anda bekerja di bidang yang serupa, serta nilai positif apa dari diri Anda yang bisa membuat Anda memberikan kontribusi lebih pada posisi yang Anda lamar.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

Contoh Cover Letter

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 2 contoh cover letter yang bisa Anda tiru:

Contoh Cover Letter 1

Subjek email: (nama Anda) untuk posisi (jabatan)

(catatan: buat judul email yang singkat dan lugas, tapi menggarisbawahi inti dari informasi guna menarik perhatian perekrut: sebagai contoh, nama kamu dan jabatan yang kamu lamar).

Kepada HRD Perusahaan XYZ

Perkenalkan, saya Didi, Sarjana Administrasi Bisnis jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ. Saya menemukan lowongan posisi Penghubung Pemasaran di perusahaan Anda melalui LinkedIn dan tertarik untuk melamar di posisi tersebut.

Berdasarkan persyaratan dan kriteria yang diminta, saya rasa posisi ini sesuai dengan saya. Selama kuliah, saya telah dilengkapi dengan ilmu dan keterampilan yang penting untuk membantu mengembangkan dan membuat strategi pemasaran yang efektif.

Saya juga memiliki pengalaman magang di perusahaan ABC bagian pemasaran, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau jasa untuk dijual, bagaimana cara mencapai target demografis dengan analysis tools dan bagaimana merespon ancaman dari kompetitor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com