Kompas.com - 25/10/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi Bank Digital ShutterstockIlustrasi Bank Digital

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berencana melakukan ekspansi bisnis dengan meluncurkan bank digital. Rencana ini akan terealisasi melalui akuisisi bank kecil yang telah beroperasi.

Untuk memuluskan rencana peluncurkan bank digital, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, perseroan telah mencapai kesepakatan awal untuk mengakuisisi satu bank kecil.

Baca juga: Laba Bersih BNI Kuartal III-2021 Melonjak 73,9 Persen jadi Rp 7,7 Triliun, Ini Pendongkraknya

"Dapat kami sampaikan bahwa kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank ini yang memiliki ekosistem bisnis yang kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," ujar dia, dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Namun, Royke masih belum bisa membeberkan secara spesifik nama bank yang telah diakuisi oleh perseroan.

Ia menambahkan, bank dengan kode emiten BBNI itu telah mengalokasikan dana khusus pengembangan bank digital, sesuai dengan Rencana Bisnis Bank (RBB) 2021.

"Target idealnya adalah BUKU 1-BUKU 2 berdasarkan klasifikasi bank sebelumnya. Artinya, modal intinya itu tidak lebih dari Rp 3 triliun," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, BNI memastikan modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis bank digital anak perusahaan yang siap diakuisisi.

Baca juga: Bos BCA soal Bank Digital: Buat Apa Banyak Akun Nasabah tapi Enggak Ada Transaksi

Pasalnya, sepanjang tahuni ini BNI telah melakukan sejumlah aksi korporasi untuk memperkuat struktur modal persoran.

"Sehingga rencana akusisi tidak akan berdampak signifikan terhadap permodalan BNI," ucap Royke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.