Ujian LRT Jabodebek: Proyek Molor, Biaya Bengkak, dan Kini Tabrakan

Kompas.com - 26/10/2021, 14:26 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan LRT Jabodebek harus mengalami sejumlah kendala. Tabrakan LRT yang terjadi pada Senin (25/10/2021) bukanlah ujian pertama proyek LRT Jabodebek.

Sebelumnya, terdapat sejumlah permasalahan lain dalam pengerjaan proyek LRT Jabodebek. Salah satunya, biaya proyek LRT Jabodebek diketahui bengkak.

Penyebab biaya LRT Jabodebek bengkak adalah molornya proses pembangunan yang tak sesuai target awal penyelesaian.

Baca juga: Pahami Perbedaan Rute LRT Jabodebek dan LRT Jakarta

Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) proyek LRT Jabodebek yang mulai dibangun sejak tahun 2015 sebenarnya ditargetkan rampung pada tahun 2019.

Hanya saja, sampai saat ini proyek tersebut tak kunjung selesai. Artinya, proyek LRT Jabodebek molor hampir 2 tahun. Belakangan, pemerintah menargetkan proyek LRT Jabodebek rampung pada tahun 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus pernah menyampaikan penjelasan mengenai hal ini. Ia buka suara mengenai progres LRT Jabodebek dan rencana percepatan pembangunan salah satu Proyek Strategis Nasional tersebut.

Dalam rangka memastikan proyek LRT Jabodebek beroperasi tepat waktu, KAI diusulkan menerima penyertaan modal negara (PMN) di tahun 2021 sebesar Rp 2,7 triliun.

Dana ini rencananya digunakan untuk pemenuhan cost overrun proyek LRT Jabodebek atas dampak kemunduran penyelesaian proyek tersebut.

Baca juga: Simak Rute LRT Jabodebek yang Segera Beroperasi Tahun 2022

“KAI berterima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam pembangunan proyek LRT Jabodebek ini. KAI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan LRT Jabodebek beroperasi dalam waktu yang ditentukan yaitu pertengahan 2022,” kata Joni dalam keterangan resminya, Rabu (15/9/2021).

“Diharapkan nantinya LRT Jabodebek akan menjadi moda transportasi andalan masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Ibu Kota,” sambung Joni.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.