Kompas.com - 26/10/2021, 13:45 WIB
Suasana peron stasiun LRT Velodrome pada masa uji coba publik LRT Jakarta, Rabu (12/6/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSuasana peron stasiun LRT Velodrome pada masa uji coba publik LRT Jakarta, Rabu (12/6/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com – LRT Jabodebek berbeda dengan LRT Jakarta yang saat ini sudah beroperasi secara komersial. Praktis, ada perbedaan rute LRT Jakarta dan LRT Jabodebek.

Hal ini penting diketahui karena ternyata banyak pembaca yang mengira LRT Jakarta dan LRT Jabodebek adalah moda transportasi yang sama.

Artikel ini akan membantu pembaca memahami adanya perbedaan tersebut, terutama mengenai beda rute LRT Jakarta dan LRT Jabodebek secara rinci.

Baca juga: Tabrakan Saat Uji Coba, LRT Jabodebek Kapan Beroperasi?

Terkait hal ini, banyak pembaca yang juga bertanya perihal rute LRT yang sudah beroperasi. Jika pertanyaan tersebut ditujukan untuk proyek LRT Jabodebek, maka jawabannya belum ada.

Sebaliknya, pertanyaan tersebut lebih tepat diajukan untuk proyek LRT Jakarta. Pasalnya, LRT Jakarta sudah beroperasi secara komersial sejak 1 Desember 2019 silam.

Rute LRT Jakarta

Dikutip dari laman resmi LRT Jakarta, jalur LRT Jakarta secara keseluruhan sepanjang 5,8 Km yang membentang dari stasiun awal hingga stasiun akhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rute LRT Jakarta melintasi 6 stasiun sebagai berikut:

  1. Stasiun LRT Pegangsaan Dua (Kelapa Gading)
  2. Stasiun LRT Boulevard Utara
  3. Stasiun LRT Boulevard Selatan
  4. Stasiun LRT Pulomas
  5. Stasiun LRT Equestrian
  6. Stasiun LRT Velodrome (Rawamangun)

Baca juga: Simak Rute LRT Jabodebek yang Segera Beroperasi Tahun 2022

Waktu tempuh LRT Jakarta untuk menempuh 6 stasiun tersebut adalah 13 menit. Artinya, perjalanan di tiap stasiun dapat ditempuh dengan waktu rata-rata kurang lebih 3 menit.

Ini sekaligus menjawab banyaknya pertanyan mengenai rute LRT yang sudah beroperasi, maka jawabannya adalah rute LRT Jakarta dari Rawamangun hingga Kelapa Gading sepanjang 5,8 Km.

Rute LRT Jabodebek

Berbeda dengan LRT Jakarta, jalur LRT Jabodebek terdiri dari 3 lintas pelayanan yakni Lintas Pelayanan I Cawang- Harjamukti, Lintas Pelayanan II Cawang - Dukuh Atas, dan Lintas Pelayanan III Cawang – Jatimulya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.