Kompas.com - 27/10/2021, 21:04 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah hadiri langsung pertemuan Forum Abu Dhabi Dialogue di Dubai, membahas tentang perlindungan pekerja migran, Selasa (26/10/2021). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah hadiri langsung pertemuan Forum Abu Dhabi Dialogue di Dubai, membahas tentang perlindungan pekerja migran, Selasa (26/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan Abu Dhabi Dialogue (ADD) ke-VI menghasilkan 4 kesepakatan antara negara pengirim dan negara penerima pekerja migran.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Joint Ministerial Declaration (JMD) yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Rabu (27/10/2021).

Empat komitmen itu yakni antisipasi lanskap perubahan pekerjaan menghadapi perubahan dunia kerja khususnya bagi pekerja migran perempuan, keterampilan serta berbagi data pekerja migran di antara negara anggota, pemanfaatan teknologi menuju pekerja migran yang adil, tertib, dan aman, serta kontribusi ADD dalam Global Consultations on Migration.

"Selain itu, dalam agenda juga digelar Awards Ceremony dan serah terima jabatan Chair kepada Pakistan sebagai Chair ADD selanjutnya," kata dia lewat keterangan persnya, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Bisnis Asuransi Perjalanan Diprediksi Bakal Mulai Cerah

Ida Fauziyah menambahkan, ADD juga telah mengusulkan lima rekomendasi. Pertama, memberikan dan meningkatkan akses keadilan bagi pekerja migran. Kedua, memfasilitasi dan meningkatkan mobilitas keterampilan antara negara-negara asal dan tujuan dalam menanggapi perubahan lanskap pekerjaan.

Ketiga, mengatasi tantangan Covid-19. Keempat, pengintegerasian gender ke dalam kebijakan promosi pekerjaan. Kelima, membina kerja sama internasional, intraregional dan antarregional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ADD merupakan forum berhimpunnya 12 negara pengirim dan 6 negara-negara penerima pekerja migran, dan 2 negara peninjau. Ke-20 negara anggota Forum Abu Dhabi Dialogue adalah Afganistan, Bangladesh, China, India, Indonesia, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Sedangkan enam negara teluk destinasi yaitu Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Malaysia, serta dua observers yakni Swedia dan Swiss. Pemerintah Indonesia merupakan salah satu pemrakarsa terbentuknya forum Colombo Process.

Baca juga: Pikirkan 3 Hal Ini Sebelum Meminjam di Pinjol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.