ALUDI Gandeng Amvesindo dan AMKI Perkuat Ekosistem Pendanaan UMKM dan Startup

Kompas.com - 28/10/2021, 18:10 WIB
ALUDI  Gandeng AMVESINDO dan AMKI  Perkuat Ekosistem Pendanaan UMKM dan Startup AmvesindoALUDI Gandeng AMVESINDO dan AMKI Perkuat Ekosistem Pendanaan UMKM dan Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) resmi melakukan penandatangan kerjasama dengan Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo) dan Asosiasi Muda Koperasi Indonesia (AMKI).

CEO Mandiri Capital, sekaligus Sekretaris Jendral dari Amvesindo Eddi Danusaputro mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, member Amvesindo dapat turut berperan sebagai pemodal institusi untuk melakukan co-invest dan/atau sebagai exit strategy bagi pemodal di industri securities crowdfunding.

Baca juga: Allianz Indonesia dan NOVA Berpartisipasi dalam FinExpo BIK 2021

"Dalam kerjasama ini member Amvesindo berperan sebagai Investor institusional dan member AMKI bisa sebagai penerbit pada industri SCF," ujar Eddi dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

Selain dengan Amvesindo, ALUDI juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan AMKI dalam rangka memfasilitasi koperasi untuk dapat berkolaborasi baik sebagai pemodal untuk melakukan co-invest sebagai pemodal institusi dan juga mendapatkan akses dalam permodalan dari Securities Crowdfunding melalui ALUDI.

“UMKM/UKM adalah pondasi ekonomi indonesia. Dengan adanya skema Securities Crowdfunding, sekarang masyarakat indonesia bisa ikut mendukung dan mensupport UMKM," ungkap Wakil Ketua Umum 2 ALUDI James Wiyardi.

Senada, Wakil Ketua Umum 1 ALUDI Heinrich Vincent mengatakan, kerja sama antarpelaku industri di sektor jasa keuangan sangat baik, terutama dalam memperluas akses permodalan dan inklusi keuangan bagi UMKM di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bright PLN Batam Bakal Ekspor Listrik ke Singapura

“Kami dari ALUDI berharap, dengan adanya kerjasama antar asosiasi ini, UMKM di indonesia bisa terus naik kelas dan berkembang. Dari mulai yang kecil di dukung oleh Koperasi, kemudian berkembang dan mendapat funding dari Penyelenggara SCF bersama dengan Venture Capital dari rekan-rekan di Amvesindo," kata Vincent.

" Dan akhirnya bisa IPO di Bursa Efek Indonesia. Kami berharap inisiasi ini dapat membuat industri menjadi lebih kuat, kompetitif, dan mempercepat akselerasi UMKM dan Startup di indonesia," sambung dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.