Dikukuhkan Sebagai Laznas, BSMU Fokus Perkuat Pengelolaan Zakat Nasional

Kompas.com - 13/11/2021, 13:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) yang merupakan mitra dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperluas jangkauan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan menjadi mitra UPZ-BSI dalam penyaluran dan pendayagunaan dana zakat yang dihimpun dari ekosistem BSI.

Hal ini berdasarkan keputusan Kementerian Agama RI yang mengukuhkan Yayasan BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI No. 1010 Tahun 2021, tanggal 06 Oktober 2021, tentang pemberian Izin kepada Yayasan BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional.

“Pengukuhan kembali Yayasan BSMU sebagai Laznas ini akan menjadi semangat tersendiri dalam upaya terus mewujudkan dedikasi kepada umat melalui gerakan zakat di tanah air. Kami berterima kasih kepada Kementerian Agama RI atas kepercayaannya kepada BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional,” kata Ketua Umum Pengurus Yayasan BSMU, Suhendar melalui siaran pers, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Estimasi Awal Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp 250.000-Rp 350.000

Wakil Direktur Utama 2 BSI sekaligus Dewan Pembina Yayasan BSMU, Abdullah Firman Wibowo mengungkapkan, hingga September 2021, BSI telah menyalurkan zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai Rp 72,48 miliar.

Ia berharap, BSMU bisa menjadi mitra strategis dalam mengoptimalkan potensi dan penghimpunan dana ZISWAF dari masyarakat.

“Ke depan BSI berharap Yayasan BSM Umat dapat menjadi mitra strategis dalam mengoptimalkan potensi dan penghimpunan dana ZISWAF dari masyarakat yang lebih luas, sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan memberikan kemaslahatan bagi umat,” kata Abdullah.

Baca juga: Aset “The Big Four” Perbankan RI Terus Tumbuh, Siapa Juaranya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.