Kompas.com - 28/11/2021, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pekerja atau buruh masih bingung terkait bagaimana cara menghitung masa kerja di sebuah perusahaan. Padahal, masa kerja itu penting diketahui oleh setiap pekerja atau pegawai.

Sebab, dengan mengetahui berapa lama masa kerja seorang pegawai di sebuah perusahaan bisa bermanfaat untuk mengetahui penghitungan uang pesangon atau pun penghitungan besaran tunjangan hari raya (THR).

Lantas, bagaimana cara menghitung masa kerja di sebuah perusahaan?

Baca juga: PNS hingga Pekerja Migran Dilarang Cuti dan Mudik Selama Libur Nataru

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker, masa kerja dihitung sejak adanya hubungan kerja antara pengusaha dan pekerja/buruh berdasarkan perjanjian kerja yang disepakati oleh pengusaha dan pekerja/buruh.

Undang-Undang Ketenagakerjaan mengatur bahwa perjanjian kerja dapat dibuat secara tertulis dan lisan. Khusus perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), maka perjanjian kerja dibuat secara tertulis.

Adapun ketentuan mengenai waktu mulai dihitungnya masa kerja adalah sebagai berikut:

Ketentuan Cara Menghitung Masa Kerja

  • Apabila perjanjian kerja dibuat secara tertulis, maka masa kerja ditetapkan sejak tanggal dimulainya kerja yang diatur dalam perjanjian tersebut
  • Apabila perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PWTT) dibuat secara lisan, masa kerja dihitung sejak tanggal pekerja/buruh mulai bekerja yang dicantumkan dalam surat pengangkatan dari pengusaha
  • Dalam hal terdapat masa percobaan dalam PKWT, maka harus dicantumkan dalam perjanjian kerja. Apabila perjanjian kerja dibuat secara lisan, maka syarat masa percobaan kerja harus diberitahukan kepada pekerja/buruh yang bersangkutan dan dicantumkan dalam surat pengangkatan. Apabila hal tersebut tidak dilakukan oleh pengusaha, maka ketentuan masa percobaan kerja dianggap tidak ada, artinya masa kerja dihitung sejak pekerja/buruh mulai melakukan pekerjaan
  • Bagi pekerja/buruh yang telah melewati masa percobaan dan diangkat dalam hubungan kerja PKWTT, maka masa kerja dihitung sejak mulai melakukan pekerjaan pada masa percobaan tersebut.

Baca juga: Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email Secara Profesional

Manfaat Mengetahui Masa Kerja

  1. Mengetahui penghitungan uang pesangon
  2. Mengetahui penghitungan besaran tunjangan THR
  3. Mengetahui penghitungan uang penghargaan masa kerja (UPMK)
  4. Bisa menentukan kapan pekerja/buruh berhak atas cuti tahunan.

Baca juga: Simak, Ini Tabel Santunan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.