Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TRIS Catat Nilai Ekspor Rp 490,9 Miliar pada Kuartal III-2021

Kompas.com - 01/12/2021, 09:07 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Emiten tekstil PT Trisula International Tbk (TRIS) mencatatkan nilai ekspor Rp 490,9 miliar pada Kuartal III-2021. Adapun permintaan yang cukup tinggi di pasar ekspor berasal dari Australia, USA, dan New Zealand.

Santoso Widjojo selaku Direktur Utama TRIS menjelaskan, di masa pemulihan ekonomi ini, perseroan mencatatkan pertumbuhan penjualan ekspor sebesar 10,6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

“Kami bersyukur ekspor TRIS bisa terus bertumbuh terutama akan permintaan produk-produk pada Kuartal III-2021, salah satu produk yang menjadi penyumbang terbesar adalah produk celana panjang,” kata Santoso melalui siaran pers, Selasa (29/11/2021).

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp 5.000/gram

Santoso menjelaskan, peningkatan ekspor ini didorong oleh keadaan di luar negeri yang terlebih dulu membaik dan stabil, mulai dari pasar yang sudah kembali pulih, daya beli masyarakat yang sudah membaik, pusat perbelanjaan yang sudah kembali beroperasional normal, serta aktivitas pelabuhan yang sudah mulai kembali pulih.

TRIS menyebut aktivitas marketing-nya masih efektif sehingga permintaan ekspor masih tinggi meskipun dunia masih dalam keadaan masa pandemi Covid-19.

TRIS mengungkapkan bahwa kegiatan produksinya tidak berdampak besar selama masa PPKM karena produk-produk yang dihasilkan TRIS termasuk produk esensial dan berorientasi ekspor sehingga TRIS mendapat izin dari pemerintah untuk tetap beroperasi.

Meskipun penjualan ekspor mencatatkan pertumbuhan, namun penjualan domestik mencatatkan penurunan.

Namun demikian, Santoso memastikan TRIS terus berupaya bertahan dengan cara melakukan perencanaan produksi yang baik, serta terus berupaya untuk mengembangkan bisnis.

“Dalam rangka menyesuaikan dengan pola belanja konsumen saat ini, Trisula Group telah meluncurkan platform e-commerce bernama Yukshopping.com. Peluncuran ini juga diharapkan meningkatkan kinerja penjualan online dan menjadi onestop-solution penjualan berbagai produk Trisula Group,” kata Santoso.

Baca juga: Kartu ATM Magnetik Diblokir BCA, Ini yang Perlu Dilakukan Nasabah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com